Ini Bahayanya Jika Kita Tidur Dengan TV Masih Menyala

DokterSehat.Com– Sebagian orang menonton televisi hingga tertidur sehingga membiarkan televisi ini menyala semalaman. Meskipun terlihat sebagai hal yang sepele, pakar kesehatan ternyata menyebut hal ini bisa membahayakan kesehatan.



Adalah pakar kesehatan Guy Meadows yang menunjukkan dampak buruk dari tidur dengan kondisi televisi masih menyala. Menurut beliau, tubuh manusia idealnya baru bisa tidur dengan nyenyak saat kamar berada dalam kondisi gelap, bukannya terang. Karena alasan inilah saat sinar matahari muncul, sensor pada retina mata yang mampu menerima cahaya segera merangsang otak untuk membuang hormon melatonin pada tubuh agar tubuh bisa terbangun.

Jika kita tidur dengan televisi masih menyala di depan tubuh kita, maka produksi hormon melatonin yang bisa membuat kita mengantuk atau terlelap ternyata akan menurun. Hal ini ternyata bisa memicu gangguan tidur atau tidur yang kurang nyenyak dan akhirnya berimbas pada tubuh yang terbangun dengan kondisi tidak nyaman dan kelelahan di pagi harinya. Selain itu, dampak lain yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan ini adalah terganggunya fungsi prefrontal cortex yang ada pada otak kita dan akhirnya mempengaruhi rasionalitas. Alhasil, kita akan cenderung lebih sensitif dan emosional di keesokan harinya.

Dampak lain dari kebiasaan tidur dengan televisi masih menyala adalah meningkatnya resiko terkena depresi di kemudian hari. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita segera mematikan televisi sebelum kita tidur malam.