Ini Bahayanya Jika Kita Tidak Segera Menambal Gigi yang Berlubang

DokterSehat.Com– Meski sudah dikampanyekan oleh banyak pihak, dalam realitanya masih banyak orang yang malas untuk membersihkan gigi dan mulutnya secara teratur, khususnya dalam hal menyikat gigi sebelum tidur. Padahal, karena hal inilah kita cenderung lebih mudah terkena masalah gigi berlubang. Meskipun terasa menyakitkan, cukup banyak orang yang cenderung membiarkan gigi berlubang ini dan memilih untuk mengkonsumsi obat pereda nyeri saja. Padahal, gigi berlubang tidak bisa disepelekan begitu saja dan harus segera ditambal.

doktersehat-kesehatan-gigi-berlubang-karang

Pakar kesehatan gigi Dr. drg. Rina Permatasari, SpKG menyebutkan jika andai masalah gigi berlubang ini dibiarkan begitu saja dan tidak segera ditangani secara medis dengan baik, dikhawatirkan akan menimbulkan masalah gigi lainnya seperti infeksi. Hal ini disebabkan oleh kondisi lubang pada gigi yang dipenuhi oleh sisa makanan dan akhirnya menjadi tempat yang ideal bagi kuman untuk berkembang semakin banyak dan membuat kondisi ini menjadi lebih parah.

Tak hanya bisa menyebabkan infeksi, gigi berlubang juga bisa memicu masalah kesehatan lainnya yakni semakin menipisnya gigi dan akhirnya membuatnya pecah. Hal ini disebabkan oleh kondisi gigi berlubang yang memang sudah tidak lengkap lagi bagiannya.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan yang bekerja di rumah sakit Pondok Indah ini pun menyarankan siapa saja untuk segera memeriksakan kondisi gigi jika mengalami masalah gigi berlubang atau sakit. Gigi yang sakit sudah menandakan adanya masalah kesehatan dan hal ini sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja

Selain segera memeriksakan gigi yang berlubang, drg. Rina juga menyarankan kita yang sudah menambal gigi sebelumnya namun tambalannya lepas untuk segera menambalnya kembali. Biasanya, hal ini disebabkan oleh mengkonsumsi makanan dengan tekstur keras seperti kacang, daging, keripuk, atau kebiasaan mengunyah es batu dan tulang ayam. Demi mencegah lepasnya tambalan gigi tersebut, ada baiknya memang kita tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan yang keras.