Ini Bahayanya Jika Kita Terlalu Sering Bermain Media Sosial

DokterSehat.Com – Sebagian besar orang, khususnya yang masih berusia muda kini sangat sering memainkan media sosial. Dengan adanya media sosial, mereka bisa berhubungan dengan banyak kawan meskipun dari jarak yang cukup jauh atau mendapatkan informasi-informasi baru yang berharga. Yang menarik adalah, banyak orang yang bisa memiliki berbagai akun di media sosial dan bisa terus memainkannya hingga lupa waktu. Meskipun terlihat mengasyikkan, terlalu sering bermain sosial media jelas sangat buruk bagi kesehatan, khususnya kesehatan psikologis kita.

doktersehat-gadget-handphone-chat-earphone

Pakar kesehatan menyebutkan jika penggunaan media sosial yang terlalu sering pada akhirnya berimbas pada rasa ketergantungan yang berlebihan. Banyak orang-orang yang merasa jika andai mereka tidak menyentuh ponselnya dalam satu jam saja, atau bahkan tidak mendapatkan akses internet di suatu tempat, mereka akan cemas dan khawatir akan ketinggalan berbagai hal di media sosialnya. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika tanpa adanya media sosial, mereka akan merasa tidak nyaman dan kurang bahagia.

Selain ketergantungan, penggunaan media sosial juga bisa berimbas pada semakin mudahnya suasana hati berubah dan bisa memicu kecemburuan. Sebagai contoh, kita bisa saja merasa iri dengan kehidupan orang lain yang sepertinya lebih berbahagia. Selain itu, adanya media sosial juga bisa memicu kekecewaan hingga perselisihan yang tentu bisa membuat suasana hati berubah dengan cepat. Bahkan, penggunaan media sosial diyakini mampu meningkatkan resiko kita untuk terkena depresi. Meskipun terlihat sepele, melihat orang lain yang memiliki kehidupan lebih baik atau mendapatkan perhatian lebih bisa membuat kita merasa rendah diri dan pada akhirnya akan membuat kita depresi.

Memang, ada penelitian yang menunjukkan jika sebuah komentar atau tanda “suka” dari media sosial bisa membuat kita merasa berbahagia dan memilikis suasana hati yang baik seharian. Namun, ada baiknya kita mulai menurunkan penggunaan media sosial yang berlebihan karena ternyata memberikan begitu banyak hal buruk bagi kesehatan psikologis kita. Bijak-bijaklah dalam mengakses informasi di dalam media sosial sehingga kita pun justru akan merasa lebih bahagia alih-alih merasa kurang bahagia karena menggunakannya.