Ini Bahayanya Jika Kita Terlalu Banyak Minum Saat Makan

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang minum dalam jumlah yang sangat banyak saat makan, apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang pedas. Tak hanya bisa meredakan rasa pedas, minum dalam jumlah yang banyak diyakini bisa membuat makanan bisa melaju dengan lebih lancar di saluran pencernaan. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata kurang baik untuk dilakukan.

doktersehat-minum-air-botol

Dalam laman Republika, disebut-sebut bahwa saat kita makan, saluran pencernaan secara alami akan mengeluarkan semacam cairan pencerna di dalam perut. Cairan inilah yang akhirnya membantu makanan melaju di saluran pencernaan sekaligus membantu penyerapan berbagai nutrisi pada makanan tersebut. Jika kita mengkonsumsi terlalu banyak air saat makan, yang terjadi adalah hal ini akan mengganggu fungsi dari cairan pencernaan ini dalam memecah partikel makanan sekaligus menyerap nutrisinya. Kita pun akan lebih mudah terkena masalah kesehatan seperti sebagai berikut:

Perut buncit
Terlalu banyak minum saat makan ternyata akan memicu produksi gas yang berlebihan di dalam perut dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini tentu akan membuat perut terasa kembung, begah, dan sangat tidak nyaman.

Gangguan pencernaan
Terlalu banyak air minum justru akan membuat makanan semakin sulit melalui usus besar. Alhasil, perut akan memproduksi gas dengan berlebihan atau bahkan menyebabkan sembelit.

Meningkatkan kadar gula dalam darah
Karena makanan tidak benar-benar dicerna dengan baik di perut, kadar gula dalam darah pun akan meningkat dengan cukup cepat. Tak hanya meningkatkan resiko terkena diabetes, kondisi ini juga akan membahayakan mereka yang sudah mengalami masalah diabetes.

Menyebabkan kenaikan asam lambung
Banyaknya air minum yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan membuat produksi asam lambung meningkat dan pada akhirnya memicu masalah refluks asam lambung.

Baca Juga:  Flatulens/ Perut Kembung - Pencegahan dan Prognosis

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi air minum setengah jam sebelum makan dan setengah jam setelah makan agar penyerapan nutrisi makanan yang kita konsumsi bisa terjadi dengan efektif.