Ini Bahayanya Jika Kita Sampai Terlambat Mengobati Sakit Gigi Pada Anak

DokterSehat.Com– Sakit gigi adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup sering menyerang anak-anak. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang manis yang sayangnya tidak diimbangi dengan kebiasaan membersihkan gigi secara rutin menjadi penyebab masalah kesehatan tersebut. Dalam realitanya, banyak anak yang tidur tanpa menggosok giginya terlebih dahulu sehingga mereka pun meningkatkan resiko terkena karies gigi atau gigi berlubang. Sayangnya, karena menganggap gigi pada anak akan digantikan dengan yang baru secara alami, banyak orang tua yang cenderung menyepelekan sakit gigi pada anak sehingga tidak mengobatinya dengan semestinya.

doktersehat-kesehatan-gigi-berlubang-karang

Pakar kesehatan gigi drg. Ahmed Setia Bakti Sp.BM menyebutkan bahwa jika sakit gigi anak terlambat diobati, maka dikhawatirkan hal tersebut bisa menyebabkan komplikasi layaknya infeksi odontogenic. Infeksi yang memang berasal dari masalah kesehatan gigi ini tidak bisa disepelekan karena andai dibiarkan dan semakin parah, ada resiko kematian bagi penderitanya. Infeksi ini ternyata bisa memicu sepsis atau penyumbatan saluran pernafasan karena terjadinya pembengkakan pada dasar mulut yang bisa mematikan.

Tak hanya memicu komplikasi, sakit gigi anak yang tak kunjung diobati juga bisa memicu premature loss pada gigi susu atau gigi tanggal yang lebih awal dari seharusnya. Masalah karies gigi atau gigi berlubang yang tak kunjung ditangani bisa menyebabkan infeksi odontogenic yang pada akhirnya menyebabkan gigi susu tanggal lebih awal. Jika hal ini terjadi, maka anak bisa mengalami gangguan pada fungsi pengunyahan dan akhirnya berimbas pada menurunnya asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan tubuh dan kecerdasannya.

Melihat adanya dampak kesehatan serius dari masalah gigi pada anak tersebut, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi gigi anak jika mereka mulai mengeluhkan rasa tidak nyaman atau nyeri pada giginya.