Ini Bahayanya Jika Kita Mengoleskan Pasta Gigi Pada Luka Bakar

DokterSehat.Com– Ada sebuah kebiasaan yang masih sering dilakukan oleh kebanyakan orang di Indonesia jika terkena luka bakar pada saat memasak, menyetrika, atau karena hal lainnya, yakni mengoleskan pasta gigi pada luka bakar tersebut karena berpikir jika bahan pasta gigi yang dingin bisa membuatnya lebih cepat sembuh. Apakah memang pasta gigi baik bagi proses pemulihan luka bakar?

doktersehat-tangan-terluka-sepsis-infeksi-darah

Pakar kesehatan drg. Ratu Mirah Afifah GCGLinDent, yang merupakan Kepala Divisi Health and Willbeing dan Professional Institution dari Unilever Indonesia Foundation menyebutkan bahwa penggunaan pasta gigi untuk pertolongan pertama saat terkena luka bakar atau saat terkena cipratan minyak yang panas saat memasak ternyata bukan hal yang baik untuk dilakukan. Beliau sendiri sangat tidak merekomendasikannya karena justru bisa berbahaya.

Menurut drg. Ratu, pasta gigi ternyata sangatlah berbahaya jika dioleskan pada kulit yang mengalami luka bakar atau pada permukaan bibir karena adanya kandungan yang mampu membersihkan gigi seperti potasium sitrat, kalsium karbonat, dan berbagai zat pemutih gigi. Jika kandungan ini dioleskan pada bagian tubuh selain gigi, maka hal ini justru akan memicu iritasi. Bukannya akan membuat luka bakar menjadi lebih cepat sembuh, mengoleskannya pada kulit yang terkena luka bakar justru akan membuatnya menjadi semakin parah, .

Alih-alih menggunakan pasta gigi, drg. Ratu justru lebih merekomendasikan penggunaan air yang dialirkan pada kulit yang terkena luka bakar sekitar 1 hingga 5 menit sebagai pertolongan pertama. Setelahnya, keringkan bagian kulit yang terkena luka bakar ini dengan kain bersih dan segeralah mengoleskan krim antibiotik. Jika luka bakar terlihat cukup besar dan mengerikan, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter atau rumah sakit agar bisa mendapatkan penanganan medis yang tepat.