Ini Bahayanya Jika Kita Memakai Mascara Setiap Hari

DokterSehat.Com– Peralatan make-up adalah hal yang penting bagi kaum hawa. Bagaimana tidak, dengan menggunakannya, mereka bisa membuat penampilannya menjadi lebih cantik sekaligus menambah rasa percaya diri. Salah satu peralatan make-up yang paling sering dipakai kaum hawa adalah maskara. Dengan memakai maskara, kaum hawa bisa membuat bulu mata menjadi lebih lentik yang tentu bisa membuat wajah terlihat menjadi lebih cantik.

doktersehat-wanita-muka-kecantikan-maskara-make-up

Cukup banyak wanita yang menggunakan maskara ini setiap hari. Sayangnya, pakar kesehatan ternyata tidak merekomendasikannya untuk digunakan secara rutin, melainkan hanya untuk sesekali saja. Dengan memakai maskara setiap hari, khususnya maskara yang berjenis waterproof, dikhawatirkan kita bisa menyebabkan masalah kerontokan bulu mata. Hal ini disebabkan oleh kandungan bahan yang ada pada maskara berjenis waterproof yang cenderung kering dan kurang lembab. Menggunakannya tentu akan membuat bulu mata menjadi lebih kaku dan kehilangan kelembabannya. Alhasil, bulu mata akan cenderung lebih mudah rontok.

Saat kita membersihkan maskara, kita tentu akan merasakan kesulitan dalam membersihkan maskara berjenis waterproof ini dan menemukan beberapa bulu mata yang ikut tercabut. Jika hal ini terjadi setiap hari, bisa jadi bulu mata akan semakin menipis.

Cukup banyak wanita yang cenderung malas atau lupa membersihkan mata karena sudah kelelahan dan ingin segera beristirahat. Kebiasan ini ternyata bisa menyebabkan bulu mata menjadi tempat yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan memicu gatal-gatal. Bahkan, hal ini juga bisa membuat jamur berwarna keputihan muncul dan memicu kelopak mata menjadi lebih kering atau mengalami alergi.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi menggunakan maskara terlalu sering. Gunakanlah sesekali saja saat memang saat kita sedang membutuhkan penampilan yang maksimal saja.