Ini Bahayanya Jika Kita Jarang Terkena Sinar Matahari

DokterSehat.Com – Meskipun kita sudah diperkenalkan tentang manfaat sinar matahari yang kaya akan vitamin D sejak kecil, dalam realitanya kita cenderung malas terpapar sinar matahari. Di pagi hari, kita masih terlalu sibuk untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai aktifitas sehingga tidak sempat menikmati sinar matahari atau bahkan berolahraga. Sementara itu, di siang hari, sinar matahari sudah sangat terik sehingga membuat kita malas untuk keluar. Andaipun keluar, kita akan akan memakai jaket, topi, atau bahkan payung demi melindungi tubuh dari sinar matahari. Kebiasaan ini ternyata bisa berpengaruh bagi kondisi kesehatan kita.

doktersehat-sinar-matahari

Pakar kesehatan menyebutkan jika tanpa adanya sinar matahari, maka kita akan kekurangan asupan vitamin D. Memang, vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, minuman, atau suplemen khusus, namun, sebenarnya, sumber utama dari vitamin D yang baik bagi tubuh ini adalah dari sinar matahari pagi. Tanpa adanya vitamin D yang cukup, maka kekuatan tulang pun bisa semakin menyusut. Selain itu, kekurangan vitamin D bisa membuat kita lebih beresiko terkena penyakit layaknya diabetes, penyakit kardiovaskular, multiple sclerosis, atau bahkan kanker prostat.

Selain penyakit-penyakit fisik tersebut, jarang mendapatkan paparan vitamin D ternyata juga bisa mempengaruhi kesehatan mental kita. Telah banyak penelitian yang menyebutkan jika mereka yang kerap terpapar sinar matahari, khususnya di pagi hari, cenderung lebih berbahagia dan mengendalikan stress dengan lebih baik. Bahkan, cuaca yang mendung saja bisa membuat seseorang mengalami depresi ringan bernama seasonal affective disorder atau kurang bersemangat. Karena alasan inilah kita sering kali menganggap cuaca yang mendung seakan-akan sesuai dengan suasana hati yang sedang muram.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita mulai lebih sering sinar matahari. Memang, hal ini bukan berarti kita harus terpapar sinar matahari yang panas dan terik di siang hari. Ada baiknya kita mulai menikmati sinar matahari di pagi atau sore hari yang hangat dan sangat cocok untuk menemani kita melakukan latihan fisik.