Ini Bahayanya Jika Kita Hanya Tidur Kurang Dari 6 Jam

DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu tidur dengan durasi enam atau delapan jam setiap malamnya. Dengan mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka kita pun akan bangun dengan kondisi yang bugar dan bersemangat. Selain itu, tidur yang berkualitas juga akan membantu proses regenerasi sel dan juga detoksifikasi tubuh. Hal ini tentu akan membantu mencegah datangnya penyakit.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Sayangnya, karena berbagai hal seperti pekerjaan yang belum selesai, menonton acara televisi favorit, atau terkena masalah insomnia, cukup banyak orang yang akhirnya tidur kurang dari enam jam dalam semalam. Yang menjadi masalah adalah, kebiasaan kurang tidur ini bisa meningkatkan resiko terkena berbagai macam penyakit seperti obesitas, depresi, serangan jantung, atau stroke. Fakta ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh perusahaan kesehatan digital Quebec Medicals.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam setiap malamnya akan mengalami kerusakan kognitif dengan signifikan. Hal ini berimbas pada menurunnya kemampuan untuk fokus dan berpikir jernih. Selain itu, hal ini juga akan membuat berat badan kita cenderung semakin mudah naik.

Seorang neuroscientist yang berasal dari Western University dan Cambridge Brain Science bernama Dr. Adrian Owen menyebutkan bahwa tidur memiliki peran besar dalam mengendalikan hormon yang mempengaruhi rasa lapar layaknya hormon ghrelin, kortisol, serta leptin. Jika kita terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap malamnya, maka hormon tersebut akan tidak seimbang dan meningkatkan nafsu makan. Hal ini tentu akan membuat kita cenderung makan dengan porsi atau frekuensi yang berlebihan sehingga lebih mudah meningkatkan berat badan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mulai memperbaiki pola tidur kita dan memastikan setidaknya tidur enam hingga delapan jam setiap malamnya.