Ini Bahayanya Jika Kita Begadang di Malam Tujuhbelasan

DokterSehat.Com– Ada banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan yang selalu jatuh pada tanggal 17 Agustus. Sebagai contoh, di malam hari sebelum tanggal 17 Agustus, banyak warga yang berkumpul, berbincang-bincang, atau melakukan syukuran. Bahkan, cukup banyak orang yang begadang semalaman sembari berkaraoke atau bermain game bersama.  Padahal, pakar kesehatan menyebutkan jika kebiasaan ini sangatlah buruk bagi kesehatan. Berikut adalah dampak begadang bagi kesehatan tubuh.



Kenaikan berat badan
Tahukah anda jika semakin sering kita mengalami masalah kurang tidur, semakin besar pula kemungkinan kita untuk mengalami kenaikan berat badan. Kurang tidur ternyata bisa memicu gangguan pada sistem metabolisme lemak. Selain itu, saat begadang, kita juga cenderung lebih mudah ngemil makanan yang kurang sehat sehingga akan membuat kita lebih mudah menaikkan berat badan.

Menurunkan sistem kekebalan tubuh
Kerap begadang akan membuat sel darah putih akan semakin lemah. Hal ini akan membuat sistem kekebalan tubuh juga semakin menurun. Tak hanya membuat tubuh menjadi lebih lemas, hal ini juga akan membuat kita cenderung lebih mudah terkena penyakit.

Resiko terkena diabetes dan penyakit jantung meningkat
Kerap tidur terlalu larut akan membuat kita meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dengan signifikan. Selain itu, kerap begadang juga akan membuat keseimbangan hormon di dalam tubuh mengalami gangguan, termasuk dalam mengganggu produksi insulin. Jika hal ini terjadi, maka kita pun akan lebih beresiko terkena diabetes.

Banyak orang yang masih harus melakukan aktifitas keesokan harinya, yakni pada tanggal 17 Agustus, seperti upacara atau berbagai kegiatan lainnya. Jika kita begadang di malam sebelumnya, dikhawatirkan tubuh akan kurang fit dan lemas sehingga kita pun terlihat tidak bugar dan lebih beresiko untuk jatuh pingsan.