Ini Bahayanya Jika Keasyikan Bekerja Hingga Telat Makan Siang

DokterSehat.Com– Karena sudah sarapan pagi, banyak orang yang cenderung menyepelekan waktu makan lainnya. Sebagai contoh, banyak orang yang terlalu asik bekerja karena khawatir tidak memenuhi deadline sehingga akhirnya menunda makan siangnya. Meskipun terlihat sepele, hal ini ternyata kurang baik bagi kesehatan lho.

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Columbia University, kerap telat makan siang akan merusak program diet kita dan memicu gangguan berat badan. Fakta ini didapatkan setelah para peneliti mengamati kebiasaan 1.200 orang yang berasal dari Spanyol yang mengalami masalah kelebihan berat badan atau sedang menjalani program diet. Setelah diamati beberapa waktu, barulah diketahui bahwa banyak orang yang kesulitan menurunkan berat badan atau menjaga berat badannya tetap ideal gara-gara sering telat makan siang hingga lebih dari jam 3 sore.

Penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Obesity pada tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa mereka yang kerap menunda makan siang cenderung akan memperbesar resiko gagal diet.

Marie Pierre St-Onge, PhD yang berasal dari Columbia University menyebutkan bahwa meskipun setiap orang memiliki sistem metabolisme yang berbeda-beda, waktu makan yang tidak teratur jelas akan mempengaruhi ritme sirkadian tubuh sehingga bisa menentukan berat badan atau keberhasilan program diet. Sebagi informasi, ritme sirkadian ini menentukan kapan hormon insulin akan dilepas oleh tubuh. Jika kita tidak makan siang dengan teratur, maka tubuh akan mengalami penurunan kepekaan pada insulin sehingga lemak di dalam tubuh akan tidak terbakar dengan efektif dan justru semakin menumpuk.

Melihat adanya fakta ini, pastikan untuk tetap makan siang dan memaksimalkan jam istirahat dengan baik demi kesehatan tubuh dan berat badan tetap ideal.