Ini Bahayanya Jika Janin di Dalam Kandungan Virus Rubella

DokterSehat.Com – Belakangan ini pembahasan tentang virus rubella sedang ramai dibicarakan di media sosial. Seorang ibu benama Grace Melia mengungkapkan betapa mengerikannya dampak yang diberikan oleh virus ini jika menyerang janin di dalam kandungan. Ibu yang kini berusia 28 tahun ini menceritakan kondisi buah hatinya, Aubrey Naiym Kayacinta atau yang dipanggil Ubii. Anak berusia 5 tahun ini didiagnosis terkena Congenital Rubella Syndrome atau CRS akibat dari virus rubella yang menimpanya saat masih di dalam kandungan.

doktersehat-hamil-kehamilan-mual

Grace menyebutkan bahwa ibu hamil sebaiknya tidak lagi menyepelekan vaksinasi measles rubella agar tidak mengalami nasib yang menimpa buah hatinya ini. Gara-gara virus ini, Ubii harus mengalami berbagai masalah kesehatan yang cukup serius dan sangat menyayat hati. Bagaimana tidak, di usia yang masih semuda itu, Ubii mengalami kebocoran jantung, tuli, pengapuran otak, hingga cerebral palsy.

Karena mengalami berbagai masalah kesehatan tersebut, mau tidak mau Grace harus menemani buah hatinya menjalani berbagai tes kesehatan, terapi, dan pengobatan. Saat menemani Ubii inilah Grace mangaku sangat terpukul. Bagaimana tidak, Ubii telah berkali-kali dibius dan disuntik, tubuhnya dipasangi berbagai kabel, dan berbagai terapi lain yang bisa saja membuatnya kesakitan dan menangis. Sebagai informasi, Ubii sudah pernah menjalani tes kesehatan seperti USG pada jantung, USG pada otak, ronsen pada paru-paru, CT Scan, Tes MRI, Tes BERA, tes ASSE, tes EEG, cek TORCH, tes Mantoux, hingga berbagai macam operasi dan lain sebagainya.

Di dalam blog pribadinya, Grace memang kerap menceritakan kondisi kesehatan putrinya, khususnya dalam menjalani berbagai terapi untuk menyembuhkannya. Dengan berbagi, Grace berharap semakin banyak ibu hamil yang sadar betapa berbahayanya virus rubella dan mau melakukan vaksinasi agar buah hati di dalam kandungannya tidak mengalami nasib seperti yang dialami oleh buah hatinya.