Ini Bahayanya Jika Ibu Menyusui Mengkonsumsi Sabu

DokterSehat.Com – Pada hari Kamis, 19 Januari 2017 kemarin, sebuah berita mengejutkan muncul di Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Seorang bayi yang masih berusia lima bulan dinyatakan positif narkoba, tepatnya yang berjenis sabu-sabu. Hal ini disebabkan oleh ibunya yang tetap mengkonsumsi narkoba berbahaya ini meskipun sudah dalam kondisi menyusui sang buah hati.

doktersehat-narkoba-drugs

Kepala BNNP Kalimantan Tengah, Kombes Sumirat Dwiyanto, berkata bahwa ini adalah sebuah kasus yang luar biasa dan seharusnya menjadi pelajaran bagi semua orang. Sang ibu yang masih berusia 21 tahun ini diketahui diberi asupan sabu-sabu oleh suaminya, Deni, dan kesulitan untuk berhenti menggunakan barang haram ini. Tanpa mereka sadari, sabu-sabu yang berbahaya ini juga ikut masuk ke dalam buah hatinya melalui ASI.

Pakar kesehatan menyebutkan jika ada dampak negatif dari paparan narkotika, khususnya sabu-sabu bagi bayi ataupun balita. Andai seorang ibu yang menyusui tetap menggunakan sabu-sabu, maka anak pun akan cenderung lebih mudah rewel dan kerap mengalami peningkatan suhu badan. Sebagai informasi, sabu-sabu atau metamfetamin bisa menyebabkan gejala lainnya layaknya halusinasi, kejang-kejang, hipertensi, hipertermia, atau peningkatan denyut jantung dalam tahap tidak normal. Karena alasan inilah seorang ibu pecandu sabu seharusnya dilarang untuk merawat bayinya apalagi menyusuinya karena bisa memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan bayi.

Jika sabu-sabu yang masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI ini jumlahnya cukup besar atau digunakan dalam frekuensi yang cukup sering, dikhawatirkan akan terjadi peningkatan kadar konsentrasi sabu hingga 2,5 kali lebih banyak dan hal ini bahkan bisa meningkatkan resiko kematian bagi bayi. Tak hanya bagi ibu menyusui, sabu-sabu yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga bisa sangat berbahaya bagi kondisi bayi di dalam kandungan. Hal ini bisa memicu peningkatan resiko kelahiran prematur atau bayi yang terlahir dengan berat badan terlalu rendah.

Baca Juga:  Seperti Apa Dampak Minum Happy Five, Pil yang Diduga Dibawa Anak Jeremy Thomas?

Apapun alasannya, konsumsi sabu-sabu atau berbagai jenis narkotika apapun memang sangat buruk bagi kesehatan kita sehingga sebisa mungkin harus dihindari.