Ini Bahayanya Jika Anak Diberi Pistol Mainan

DokterSehat.Com– Pistol mainan termasuk dalam jenis mainan yang digemari oleh anak-anak, khususnya anak laki-laki. Sayangnya, dibalik kemampuannya dalam membuat anak asyik memainkannya, pistol mainan ternyata berbahaya dan bisa menyebabkan cedera mata kronis. Bagaimana hal ini bisa terjadi?



Fakta mengerikan ini ditemukan dalam laporan British Medical Journal. Dalam laporan ini, disebutkan bahwa setidaknya ada 3 kasus anak-anak yang harus dirawat di rumah sakit akibat tertembak peluru busa dari pistol mainan. Peluru pistol tersebut mengenai mata mereka sehingga menyebabkan rasa sakit atau pandangan kabur.

Dari ketiga anak tersebut, ada yang mengalami masalah pembengkakan kornea dan retina mata akibat dari kecepatan peluru saat mengenai mata. Bahkan, ada anak yang mengalami pendarahan pada matanya. Beruntung, penglihatan sang anak bisa kembali pulih seperti sedia kala.

Pakar kesehatan pun menyarankan anak yang bermain dengan pistol mainan, khususnya yang berjenis nerf gun, untuk memakai kacamata pelindung. Dengan menggunakannya, maka resiko untuk terkena cedera mata atau kehilangan penglihatan juga menurun. Tak hanya itu, pastikan bahwa orang tua selalu mengecek batas usia aman untuk menggunakan pistol mainan anak. Jika memang anak belum memenuhi batas usia aman, maka ada baiknya orang tua tidak memberikan pistol mainan pada anak terlebih dahulu.

Lynda McGivney-Nolan yang berasal dari Association of Optometrists Ireland menyebutkan bahwa cedera pada mata bisa terjadi saat peluru busa ini ditembakkan ke arah mata. Kecepatan tinggi dan kekuatan dari peluru inilah yang membuat cedera pada kornea dan retina mata.