Ini Bahaya Olahraga Larut Malam Bagi Tubuh

DokterSehat.Com – Beberapa orang memilih untuk melakukan olahraga di malam hari karena tidak memiliki waktu untuk melakukan olahraga di pagi atau bahkan sore hari. Tak hanya itu, beberapa tempat yang bisa kita pesan untuk keperluan olahraga layaknya tempat persewaan lapangan futsal  atau badminton yang hanya bisa dipesan di larut malam, yakni setelah jam 9 malam. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah olahraga pada waktu lebih malam dari jam 9 malam akan memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh?

doktersehat-futsal-olahraga-malam

Pakar kesehatan dr. Sapto Adji Hardjosworo yang berasal dari RS Premier Bintaro menyebutkan jika olahraga malam memang bisa menyehatkan tubuh. Namun, jika dilakukan di waktu yang sangat larut, yakni lebih malam dari jam 9 malam, maka hal ini justru sangat tidak disarankan untuk dilakukan. Dr. Sapto menyebutkan jika pada waktu yang sudah larut ini, tubuh sebenarnya mengikuti irama sirkadian tubuh yang membuat tubuh sudah dipersiapkan untuk segera tidur. Dengan berolahraga setelah jam 9 malam, kita pun akan mengacaukan Irama sirkadian tersebut.

Setelah jam 9 malam, biasanya tubuh sudah mulai memproduksi hormone melatonin yang akan berpengaruh besar pada kemampuan kita untuk segera tidur dengan terlelap. Jika kita kemudian berolahraga pada jam tersebut, maka kita sebenarnya sudah memaksakan tubuh kita yang sudah bersiap untuk tertidur untuk melakukan aktifitas fisik yang berat.

Karena tubuh dipaksa untuk melakukan aktifitas fisik, maka olahraga setelah jam 9 malam justru akan membuat kita beresiko tinggi mengalami cedera. Tak hanya itu, kualitas tidur kita juga akan memburuk mengingat denyut jantung kita meningkat tajam selama melakukan olahraga. Padahal, akan membutuhkan waktu lama untuk membuat denyut jantung kembali turun dan kita pun akan kesulitan untuk beranjak tidur atau mengalami gangguan tidur.