Ini Bahaya Mengkonsumsi Saus Pada Jajanan Kaki Lima

DokterSehat.Com– Jika kita mencermati, saus yang disediakan di warung jajanan kaki lima seperti bakso atau mie ayam yang berada dalam kemasan botol kaca berukuran besar atau plastik transparan memang memiliki rasa yang enak. Banyak orang yang bahkan sengaja menambahkan saus ini dalam jumlah yang sangat banyak pada makanannya. Padahal, menurut pakar kesehatan, saus ini ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh jika kerap dikonsumsi.



Dalam sebuah kasus penggerebegan pabrik saus tomat dan sambal yang dilakukan di Bandung, diketahui bahwa saus tomat yang diproduksi oleh pabrik tersebut ternyata sama sekali tidak memakai bahan tomat atau cabai sama sekali. Justru, saus ini kaya akan kandungan bahan kimia berbahaya.

Saus ini ternyata terbuat dari bahan layaknya ampas tapioka, ekstrak bawang putih, ekstrak cabai leoserin capsicum, sakarin, garam, cuka, pewarna kimia berbahaya, potasium fosfat, dan bibit cairan tomat. Untuk menambahkan rasa tomat atau cabai, produsen tomat ini hanya menggunakan esens rasa tomat atau cabai sebelum kemudian dikemas dalam plastik yang sayangnya bertuliskan label dan komposisi yang sama sekali tidak sesuai dengan bahan pembuatan saus tersebut.

Yang menjadi masalah adalah, saus-saus dengan harga murah ini banyak dipakai pedagang makanan pinggir jalan seperti para penjual bakso, mie ayam, capcai, mie goreng, bakso malang, dan lain sebagainya. Padahal, jajanan-jajanan tersebut sangat laris manis dan digemari banyak orang sehingga tentu ada banyak orang yang beresiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita berhati-hati dalam mencampurkan saus pada makanan, khususnya jika kita sedang makan di luar rumah. Pastikan bahwa saus yang dikonsumsi adalah saus dengan berkualitas baik dan bebas dari bahan kimia berbahaya.