Ini Alasannya Mengapa Saat Hamil Ada Bagian Kulit yang Menghitam

DokterSehat.Com – Mendapatkan kehamilan tentu menjadi hal yang sangat membahagiakan bagi seorang wanita. Namun, fase kehamilan juga bisa memberikan banyak sekali perubahan pada tubuhnya. Selain bertambahnya ukuran dan berat badan, ibu hamil juga kerap mengalami masalah kulit yang menghitam, khususnya pada area leher dan ketiak. Bagian kulit yang menghitam ini tentu akan membuat penampilan ibu hamil menjadi terkesan jorok dan pada akhirnya menurunkan rasa percaya dirinya. Sebenarnya, apa sih penyebab dari menghitamnya kulit pada ibu hamil?

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Pakar kesehatan dr. Khanisyah Erza Gumilar, SpOG yang berasal dari RS dr. Soetomo Surabaya berkata jika adanya bagian kulit yang menghitam pada ibu hamil sebagai hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Menghitamnya kulit ini bukanlah tanda akan adanya masalah kesehatan namun terjadi karena perubahan hormon yang memang cukup signifikan tatkala kehamilan.

Perubahan keseimbangan hormon ini ternyata bisa mempengaruhi melanin yang memiliki peran besar dalam menentukan warna kulit, khususnya di area ketiak, leher, selangkangan, atau bahkan lingkar perut. Beruntung, perubahan warna kulit ini ternyata tidak akan terjadi secara permanen, andai ibu hamil sudah melahirkan, lambat laun warna hitam pada kulit ini juga akan menghilang dan kembali seperti semula.

Pakar kesehatan lainnya bernama dr. Alfiben, SpOG yang berasal dari RS Permata Depok juga menyebutkan hal yang sama. Menurut beliau, adanya pengaruh hormon tatkala kehamilan memang mampu memicu perubahan warna kulit yang disebut sebagai hiperpigmentasi. Saat kadar hormon estrogen pada kulit cenderung dalam level yang rendah, maka hiperpigmentasi pada kulit yang memicu warna kulit menjadi lebih gelap pun meningkat.

Andai ibu hamil merasa tidak percaya diri, sebenarnya ibu hamil juga bisa memakai krim pemutih pada area kulit yang gelap. Namun, banyak pakar kesehatan yang menyarankan ibu hamil untuk menunggu hingga setelah proses persalinan tiba saja hingga warna kulit pun kembali cerah.