Ini Alasannya Mengapa Ibu Hamil Sebaiknya Tidak Berlebihan Mengkonsumsi Makanan Manis

DokterSehat.Com – Ibu hamil tentu harus memperhatikan kondisi kesehatannya dengan baik demi menjaga perkembangan janinnya. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk menjaganya adalah dengan terus menerapkan pola makan yang sehat. Yang menarik adalah, banyak orang yang menyarankan ibu hamil untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan manis. Apa alasan dari rekomendasi ini?

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Pakar kesehatan menyebutkan jika ibu hamil terkadang memang ingin merasakan makanan manis layaknya cokelat, kue, atau bahkan permen. Memang, sesekali mengkonsumsinya tidak akan menjadi masalah, namun, andai ibu hamil kerap mengkonsumsinya, mereka akan beresiko mengalami masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

Kenaikan berat badan
Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis tentu akan bermasalah bagi kenaikan berat badan ibu hamil. Memang, ibu hamil harus menaikkan berat badannya, namun, ada baiknya kenaikan berat badan ini tidak berlebihan agar kondisi kesehatannya dan bayinya tetap baik. Andai berat badan naik terlalu banyak, dikhawatirkan ibu hamil juga akan kesulitan untuk menurunkan berat badannya setelah proses persalinan.

Kondisi kehamilan kurang baik
Sangat normal bagi ibu hamil untuk mengalami masalah layaknya mual-mual, perubahan suasana hati, atau naiknya asam lambung. Sayangnya, andai ibu hamil terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, maka masalah-masalah kesehatan tersebut justru akan menjadi semakin parah.

Bayi beresiko terkena diabetes saat dewasa
Hobi mengkonsumsi makanan manis selama kehamilan ternyata cenderung membuat anak suka makanan manis saat masa pertumbuhan. Andai hal ini terjadi, tentu anak akan beresiko terkena diabetes dan berbagai penyakit berbahaya lainnya di masa depan.

Mudah lelah
Makanan manis kaya akan kandungan gula sehingga andai ibu hamil mengkonsumsinya terlalu banyak, maka kandungan gula dalam tubuhnya meningkat tajam dan membuatnya mudah merasa lelah.