Ini Alasannya Mengapa Bayi Terus Menangis Meskipun Sudah Disusui

DokterSehat.Com – Ada banyak sekali alasan mengapa bayi bisa menangis. Sebagai contoh, saat mereka merasa tidak nyaman karena popoknya basah atau kotor. Selain itu, bayi juga akan menangis andai mereka merasa lapar sehingga saat disusui, bayi pun akan segera tenang kembali. Sayangnya, kadangkala bayi tetap saja menangis meskipun sudah disusui dan membuat ibu menjadi bingung. Apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi?

doktersehat-asi-ibu-menyusui-anak-cerdas

ASI hanya keluar sedikit
Saat menyusui, kadangkala ASI yang dikeluarkan payudara ibu terlalu sedikit sehingga bayi pun akhirnya kesal karena rasa laparnya tak kunjung mereda. Pakar kesehatan pun menyarankan ibu untuk menyusui dengan payudara yang berbeda secara bergantian sehingga produksi ASI dari payudara kiri dan kanan selalu melimpah. Andai hal ini tidak berhasil dan produksi susu tetap sedikit, konsultasikanlah pada dokter terlebih dahulu sebelum benar-benar memberikan susu formula pada bayi.

Posisi menyusui tidak nyaman
Banyak ibu yang tidak menyadari jika posisi menyusui bayi yang tidak nyamanlah yang membuatnya terus menangis. Cobalah untuk mengecek apakah posisi bayi sudah terlihat nyaman atau belum. Jika ragu, cobalah untuk mengubah posisi bayi sehingga bayi pun tidak kembali menangis.

ASI terlalu banyak
Meskipun terlihat menyenangkan karena melimpahnya produksi ASI, ASI yang terlalu banyak juga bisa membuat anak tersedak, mengeluarkan kembali ASI dari mulutnya, atau bahkan menangis. Selain itu, andai bayi tidak memiliki ruangan yang cukup untuk bernafas dengan lega saat menyusui, bayi juga bisa terus menangis. Untuk mensiasati hal ini, ibu tentu harus memperbaiki posisi menyusuinya agar lebih nyaman bagi bayi untuk bernafas.

Alergi atau masalah lambung
Andai bayi kerap gumoh atau mengeluarkan kembali ASI dari mulutnya, bisa jadi Ia sedang mengalami masalah lambung yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter. Selain itu, ada kasus yang cukup jarang terjadi dimana bayi juga bisa mengalami alergi ASI yang disebabkan oleh diet yang dilakukan oleh ibu. Karena alasan inilah, ibu memang harus selalu menjaga pola makan yang sehat dan tidak asal mengkonsumsi obat-obatan tertentu.