Ini Alasan Tubuh Tak Terbentuk Sesuai Keinginan Meskipun Sudah Rutin Berolahraga

DokterSehat.Com – Tak hanya membuat berat badan menjadi lebih ideal, olahraga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih langsing, terbentuk, dan berotot. Sayangnya, banyak orang yang sudah rutin berolahraga namun tak kunjung mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan. Menurut pakar kesehatan sekaligus ahli nutrisi Terry Shanahan, tak hanya rutinitas olahraga, kita harus memperhatikan banyak faktor saat melakukan aktifitas fisik agar manfaat olahraga bisa didapatkan dengan maksimal. Sayangnya, kita kerap melakukan berbagai kesalahan berikut ini sehinga olahraga pun tak kunjung membentuk badan kita.

doktersehat-olahraga-lari-jogging-sehat

Terlalu sering melakukan olahraga kardio
Banyak dari kita yang berpikir jika asalkan melakukan olahraga kardio dengan rutin, maka bentuk tubuh akan menjadi lebih baik dengan sendirinya. Padahal, menurut Terry, ada baiknya kita menyelingi olahraga kardio ini dengan olahraga lainnya. Jika kita terlalu sering melakukan olahraga kardio, yang terjadi justru tubuh hanya akan terbiasa dengan olahraga ini dan tidak akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita sebagaimana yang kita harapkan.

Terlalu fokus dalam meratakan perut
Rutin berolahraga memang bisa membuat perut kita yang sebelumnya membuncit atau menggelambir menjadi lebih kencang dan lebih ramping. Sayangnya, banyak orang yang terlalu fokus dalam olahraga yang mampu meratakan perut tanpa memperhatikan diet yang sehat dan teratur. Padahal, hal ini juga berpengaruh besar dalam meratakan perut kita.

Malas melakukan olahraga angkat beban
Ada sebuah mitos yang dipercaya banyak orang dimana olahraga angkat beban bisa membuat otot kita lebih menonjol layaknya binaragawan. Padahal, jika kita mau mengkombinasikan latihan angkat beban dengan olahraga lain, otot-otot akan lebih kencang tanpa harus terlihat menonjol. Selain itu, tulang-tulang juga akan menjadi lebih kuat, kalori lebih banyak terbakar, hingga membuat kulit menjadi lebih kencang dan sehat.

Baca Juga:  Penelitian Berhasil Menemukan Penyebab Lepasnya Tali Sepatu Saat Berolahraga

Terlalu banyak berolahraga
Semakin sering berolahraga, semakin sehat badan dan semakin cepat berat badan kita turun. Analogi ini ternyata sama sekali tidak benar. Bukannya menyehatkan, tubuh akan kelelahan dan kita justru lebih beresiko mengalami cedera. Lakukan olahraga dengan porsi yang sesuai dengan kemampuan tubuh kita dan utamakan rutinitas agar kita bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.