Alasan Kenapa Wanita Sakit Saat Berhubungan Pertama Kali

Doktersehat-sakit-saat-berhubungan-pertama-kali

DokterSehat.Com – Cukup banyak wanita yang mengeluhkan rasa sakit saat berhubungan intim pertama kali. Akan tetapi, rasa sakit seks pertama ini belum tentu dirasakan oleh semua wanita. Sejumlah pakar kesehatan menyebutkan bahwa rasa sakit saat berhubungan pertama kali ini memang cukup wajar terjadi.

Agar seks pertama Anda terasa menyenangkan, sebaiknya Anda perlu beberapa informasi tambahan agar rasa sakit saat berhubungan intim pertama kali bisa dicegah. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui, antara lain:

  • Mengalami kekhawatiran berlebihan

Banyak wanita yang mengalami kekhawatiran atau rasa gugup yang berlebihan saat akan melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya, untuk mengatasi rasa khawatir ini ada baiknya pasangan melakukan komunikasi yang menenangkan agar keduanya merasa nyaman.

baca juga: Fakta Tentang Berhubungan Seks Agar Cepat Hamil

  • Vagina tidak terlumasi dengan baik

Karena rasa gugup yang berlebihan atau kurangnya foreplay, maka vagina wanita cenderung tidak terlumasi dengan cukup saat melakukan hubungan intim untuk pertama kalinya. Karena alasan inilah, ada baiknya pria tidak tergesa-gesa melakukan penetrasi dan pastikan bahwa pasangannya sudah terangsang dan siap untuk melakukannya.

  • Penetrasi dilakukan dengan kasar

Wanita kesakitan saat berhubungan intim pertama kali bisa juga disebabkan karena penetrasi yang dilakukan dengan kasar. Ada baiknya penetrasi dilakukan dengan lembut agar wanita merasa nyaman yang pada akhirnya akan bisa menikmati hubungan intim ini

Jika sudah terbiasa, barulah pasangan bisa bereksplorasi dengan berbagai posisi atau gerakan yang lebih menantang untuk mendapatkan sensasi seks yang lebih luar biasa.

  • Takut mengalami pendarahan

Banyak wanita yang percaya bahwa hubungan intim yang pertama kalinya akan membuat vagina mereka mengalami pendarahan. Padahal, hal ini tidak selalu benar adanya. Selaput dara sendiri bisa robek sebelumnya karena aktifitas fisik atau hal-hal lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya wanita tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

  • Tidak menikmati hubungan intim

Hilangkan semua kekhawatiran dan lakukan rayuan-rayuan pada pasangan agar bisa menikmati setiap rangsangan seksual yang diberikan. Dengan melakukannya, maka wanita pun tidak akan mengalami kesakitan saat melakukan hubungan intim.

baca juga: Tips Berhubungan Seks yang Aman untuk Pengantin Baru

Setelah Anda mengetahui hal-hal yang bisa menyebabkan rasa sakit saat berhubungan pertama kali, Anda juga harus tahu beberapa hal yang bisa membantu untuk rileks saat melakukan seks pertama, di antaranya:

  • Jangan lupa untuk melakukanlah foreplay dan jangan terburu-buru melakukan penetrasi. Rangsangan yang cukup dapat membuat kelenjar Bartholin pada vagina memproduksi lendir pelumas untuk menghindari gesekan dan mencegah rasa sakit.
  • Jalin komunikasi pada pasangan, tanyakan apa dirasakan dan yang diinginkan dalam hubungan seksual. Komunikasikan pula bila Anda merasa tidak nyaman atau nyeri, sehingga pasangan bisa merubah caranya memperlakukan Anda.
  • Jangan biarkan pasangan Anda berusaha sendirian untuk membuat hubungan intim menjadi menyenangkan.
  • Sebaiknya tidak perlu terlalu berharap dapat mencapai orgasme pada pria dan wanita, apalagi orgasme bersamaan pada malam pertama. Faktanya kebanyakan wanita memang tidak mencapai klimaks saat pertama kali berhubungan seksual. Orgasme mudah dicapai jika pasangan telah sama-sama merasa nyaman dan terbiasa dengan tubuh serta kebiasaan satu sama lain.
  • Buatlah diri Anda senyaman mungkin dan fokuslah pada kebahagiaan dengan pasangan. Ciptakan kamar yang nyaman dengan lampu redup, wangi-wangian atau musik yang mungkin membantu agar Anda dan pasangan menjadi rileks.

Apabila sejumlah saran di atas tidak membantu atau masih saja merasakan nyeri, bisa jadi ada suatu kondisi medis yang membuat Anda merasa nyeri. Konsultasilah pada dokter spesialis apabila Anda tetap merasa nyeri saat berhubungan seksual.