Ini Alasan Mengapa Wanita Disarankan Untuk Mengkonsumsi Probiotik Setelah Berhubungan Intim

DokterSehat.Com – Pakar kesehatan seksual ternyata banyak yang merekomendasikan wanita untuk segera mengkonsumsi makanan probiotik layaknya yoghurt, kimchi, kombucha, atau makanan fermentasi lainnya setelah berhubungan intim. Makanan probiotik ini ternyata tidak hanya sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan. Dengan rutin mengkonsumsinya setelah berhubungan intim, wanita akan jauh lebih baik dalam mencegah infeksi vagina.

doktersehat-pasangan-seks-couple

Kelly Kasper, MD yang merupakan pakar kesehatan ginekologi menyebutkan jika tanpa disadari, vagina wanita ternyata memiliki cukup banyak bakteri. Pada vagina wanita, kita bahkan bisa menemukan lebih dari 50 jenis bakteri. Memang, jenis bakteri pada vagina tidak sebanyak pada saluran pencernaan yang bisa mencapai 400 jenis. Namun, andai wanita tidak mampu menjaga keseimbangan bakteri pada organ vitalnya, dikhawatirkan mereka akan mengalami berbagai masalah kesehatan ataupun infeksi yang bisa sangat menyakitkan atau mengganggu kesuburan dan performa seksualitasnya.

Layaknya usus pada saluran pencernaan, bagian microflora pada vagina wanita sangat membutuhkan keseimbangan bakteri untuk menjaga kesehatannya. Untungnya, dengan mengkonsumsi probiotik yang kaya akan bakteri baik layaknya strain lactobacillus, maka vagina wanita akan memiliki sistem pertahanan yang kuat untuk melawan patogen, penyebab dari berbagai penyakit dan infeksi pada vagina.

Dengan mengkonsumsi probiotik setelah berhubungan intim, area vagina wanita akan memiliki sifat asam sehingga bisa menangkal pertumbuhan bakteri jahat dengan signifikan. Selain itu, probiotik juga membantu area vagina memproduksi hidrogen peroksida yang akan membuat bakteri jahat tidak akan mampu bertahan lama pada organ vital wanita. Berbagai penyebab infeksi layaknya bakteri, jamur, hingga virus juga tidak akan mampu bertahan hidup pada lingkungan vagina seperti ini. Selain itu, konsumsi probiotik juga akan membuat sistem kekebalan tubuh memiliki respon yang lebih baik dalam melawan berbagai macam infeksi.