Ini Alasan Mengapa Wajah Kita Menjadi Merah Saat Berolahraga

DokterSehat.Com – Apa yang anda rasakan saat berolahraga? Tubuh yang mengeluarkan banyak keringat dan terasa lebih panas? Hal tersebut memang wajar terjadi saat kita melakukan latihan fisik. Tak hanya itu, jika kita cermati, wajah kita bisa berubah menjadi kemerahan saat berolahraga. Apakah hal ini wajar adanya?

doktersehat-dehidrasi-keringat

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa perubahan warna wajah menjadi kemerahan saat berolahraga ternyata wajar terjadi dan bisa saja dialami oleh siapa saja. Hal ini ternyata adalah proses alami pada tubuh yang menandakan bahwa tubuh sedang bekerja dengan keras dan membuat suhu badan naik. Sebagaimana kita ketahui, berolahraga memang akan membuat suhu tubuh kita naik. Tubuh pun akan melepaskan panas ini dengan cara mengeluarkan keringat. Pada saat inilah wajah kita akan mulai berubah warna menjadi kemerahan.

Perubahan warna pada wajah ini terjadi karena darah dan oksigen mengalir menuju permukaan kulit sebagai cara alami tubuh dalam memindahkan dan melepaskan panas. Dengan cara ini, maka tubuh pun akan membuat tubuh kita tetap dingin. Karena alasan inilah, perubahan warna ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada wajah, namun di berbagai bagian tubuh.

Hanya saja, jika perubahan warna wajah menjadi kemerahan ini diiringi dengan rasa lelah yang berlebihan, nafas yang tersengal-sengal, kepala pusing, dan bahkan mual-mual, ada baiknya kita segera menghentikan olahraga dan beristirahatlah karena hal ini menandakan tubuh sudah mulai kelelahan. Tak hanya karena olahraga yang dilakukan dengan berlebihan, hal ini juga bisa disebabkan oleh tubuh yang sedang tidak fit. Tak hanya itu, kadangkala hal ini juga dipicu oleh kurangnya asupan air putih sebelum berolahraga.

Demi mencegah tubuh yang letih ini, pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk berolahraga saat suhu udara tidak terlalu panas dan sinar matahari tidak terlalu menyengat, yakni di pagi hari.