Ini Alasan Mengapa Urine Berbau Menyengat Setelah Makan Petai

DokterSehat.Com– Petai masih menjadi salah satu makanan yang disukai masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan oleh kemampuan petai dalam membuat cita rasa makanan menjadi jauh lebih mantap. Sayangnya, jika kita cermati, setelah makan petai air seni kita cenderung berbau lebih menyengat. Apa penyebab dari hal ini?

Photo Credit: Instagram/ jodeelem

Petai termasuk dalam bahan makanan yang kaya akan kandungan mineral layaknya kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, mangan, serta kalium. Bahan-bahan mineral ini sangatlah baik bagi kesehatan tubuh. Sayangnya, petai juga memiliki senyawa yang memiliki kandungan sulfur seperti cysteine dan turunannya layaknya glutathione, djenkolic acid, hingga thiazolidine 4 carboxylic acid. Berbaga senyawa inilah yang akan keluar bersama dengan air seni kita setelah makan petai dan memicu bau yang menyengat.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa petai ternyata memiliki beberapa kandungan yang mudah menguap layaknya hydrogen sulfida, etanol, asetaldehida, serta 1,2,4-trihiolane. Komponen yang disebut terakhir inilah yang juga bisa memicu bau khas petai.

Yang menarik adalah, sebelum dikonsumsi, bau khas petai ini tidak begitu kentara, namun saat kita konsumsi, enzim di dalam saluran pencernaan ini memecah komponen yang ada pada petai dan akhirnya memproduksi methyl mercaptan, senyawa yang memiliki bau sangat menyengat. Senyawa inilah yang akan diproses oleh ginjal dan keluar bersama dengan air seni kita dengan bau yang sangat menyengat.

Tak hanya petai, makanan lain seperti asparagus juga bisa menghasilkan bau yang tidak sedap setelah dimakan.