Ini Alasan Mengapa Tubuh Terlalu Kurus Itu Tidak Sehat

DokterSehat.Com – Cukup banyak orang yang mendambakan tubuh yang kurus agar bisa terlihat ramping dan langsing. Bagi mereka, tubuh yang kurus tidak akan menimbulkan masalah kesehatan layaknya jika kita memiliki tubuh yang gemuk. Padahal, menurut pakar kesehatan, tubuh yang terlalu kurus ternyata bisa meningkatkan berbagai masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-perut-diet-buncit-belly-jamu-galian-singset

Anemia
Jika kita memiliki berat badan yang lebih rendah dari ideal, maka kita akan cenderung lebih mudah merasa lelah dan tidak berenergi. Hal ini seringkali disebabkan oleh munculnya masalah anemia. Tak hanya membuat kita mudah lelah, anemia juga bisa memicu denyut jantung yang tidak teratur, sesak nafas, dan sakit kepala. Menurut pakar kesehatan, tubuh yang terlalu kurus seringkali diiringi dengan produksi sel darah merah yang tidak cukup dan kurangnya asupan zat besi, asam folat, dan vitamin B12 sehingga bisa memicu masalah anemia ini.

Osteoporosis
Banyak orang yang berpikir jika lemak adalah sumber dari berbagai masalah kesehatan. Padahal, tubuh tetap membutuhkan lemak agar berbagai organ penting di dalam tubuh bisa tetap berfungsi. Sebagai contoh, lemak sangat penting dalam produksi estrogen, hormon yang berperan besar dalam mencegah masalah tulang rapuh. Jika kita kekurangan hormon ini karena tubuh yang terlalu kurus, maka kita pun akan beresiko besar terkena masalah osteoporosis.

Diabetes dan penyakit jantung
Diabetes kerap kali dikaitkan dengan mereka yang gemuk atau mengalami obesitas. Padahal, mereka yang terlalu kurus juga memiliki resiko yang sama. Banyak dari mereka yang sangat kurus ternyata juga memiliki kadar gula darah dan kolesterol jahat yang tinggi sehingga tetap saja beresiko terkena diabetes dan juga penyakit jantung.

Gangguan kesuburan
Bagi kaum hawa yang terlalu kurus, mereka akan bisa mengalami kekacauan siklus haid yang pada akhirnya membuat mereka mengalami gangguan kesuburan. Jika mereka bisa mendapatkan kehamilan, maka resiko untuk mengalami keguguran pada trimester pertama juga sangat besar.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita menjaga berat badan tetap ideal agar tidak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Tak hanya dengan mencukupi asupan makanan yang bergizi seimbang, jangan lupa untuk selalu berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar.