Ini Alasan Mengapa Terkadang Kita Lupa Dengan Kunci yang Baru Kita Letakkan

DokterSehat.Com– Hampir semua orang tentu pernah mengalami kondisi lupa dengan kunci yang baru saja Ia letakkan hingga kebingungan saat mencarinya. Meski kita sudah dengan keras berusaha untuk mengingat-ingat, tetap saja kita benar-benar lupa dengan posisi dimana kita meletakkan kunci tersebut. Apa yang sebenarnya menyebabkan hal ini?

doktersehat-sakit-kepala-pusing-panik

Pakar kesehatan saraf dr. Michelle Braun yang berasal dari Harvard Medical School menyebutkan bahwa meskipun terlihat aneh, hal ini ternyata sangat wajar terjadi pada setiap orang. Kondisi tiba-tiba saja lupa dengan sesuatu hal yang seharusnya mudah untuk kita ingat ternyata disebabkan oleh kecenderungan otak untuk menghapus informasi-informasi repetitif atau yang kerap kita gunakan namun dianggap tidak penting.

Tahukah anda jika di setiap waktu otak kita berada dalam kondisi multitasking saat melakukan berbagai aktifitas sehari-hari? Hal ini ternyata membuat otak berada dalam mode repetitif secara otomatis. Sayangnya, otak ternyata menganggap hal-hal yang dilakukan berulang-ulang ini sebagai hal yang tidak penting sehingga bisa saja menghapus informasi yang kerap kita lakukan ini.

Jika ingin menurunkan kebiasaan lupa pada hal-hal yang sepele seperti tempat menaruh kunci atau ponsel ini, kita bisa mulai menaruh perhatian pada aktifitas tersebut. Sebagai contoh, kita selalu sengaja menempatkan kunci atau ponsel ini di tempat yang sama setiap hari sehingga otak pun tidak akan mudah untuk melupakannya dengan otomatis.

Jika kondisi lupa ini cukup sering terjadi dan frekuensinya cenderung meningkat, dr. Michelle menyebutkan jika hal ini bisa jadi adalah tanda-tanda dari penyakit pikun atau demensia. Namun, bisa jadi hal ini juga disebabkan oleh kondisi kurang tidur atau stress yang sedang melanda. Jika anda khawatir, tidak ada salahnya untuk segera memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mengetahui apa yang sebenarnya menyebabkan kecenderungan lupa ini terjadi.