Ini Alasan Mengapa Terkadang Kita Kerap Merasa Kedinginan

DokterSehat.Com – Pernahkah anda merasa tubuh anda tetap kedinginan meskipun sebenarnya sinar matahari sudah cukup terik? Kita tentu akan berpikir ada yang tidak beres pada tubuh atau menduga bahwa kita sedang mengalami demam atau pilek. Namun, menurut pakar kesehatan Roshini Rajapaksa, MD, yang merupakan asisten professor kedokteran yang berasal dari NYU School of Medicine, tubuh yang kerap merasa kedinginan belum tentu disebabkan oleh penyakit. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah kedinginan. Apa sajakah hal-hal tersebut?

doktersehat-pilek-flu-dingin

Kadar lemak tubuh yang rendah
Rajapaksa menyebutkan jika andai kita memiliki kadar lemak tubuh yang cenderung rendah, maka kita akan lebih mudah merasa kedinginan dibandingkan dengan orang lain, khususnya yang memiliki kadar lemak tubuh lebih banyak. Selain kadar lemak, kekurangan waktu tidur, kelelahan, hingga lambatnya metabolisme bisa membuat kita mudah merasa kedinginan.

Dehidrasi
Kekurangan asupan air putih sehingga menyebabkan dehidrasi ternyata juga bisa menjadi penyebab mengapa kita mudah merasa kedinginan. Air di dalam tubuh ternyata ikut berperan dalam mempertahankan panas demi menstabilkan suhu tubuh tetap nyaman. Kekurangan air tentu akan berdampak besar pada fungsi tersebut, bukan?

Kekurangan zat besi
Zat besi dan juga vitamin B12 ternyata juga ikut berperan dalam pengendalian suhu tubuh sehingga andai kita kekurangan kedua asupan ini, ada kemungkinan kita mudah mengalami kedinginan. Selain itu, kurang aktifnya kinerja tiroid juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Sirkulasi darah
Andai kita kerap merasa kedinginan pada tangan dan kaki, bisa jadi ada masalah pada sirkulasi darah. Rajapaksa menyebutkan jika gangguan kardiovaskular bisa memicu lambatnya sirkulasi darah pada ujung-ujung tubuh layaknya tangan dan kaki. Sebagai contoh, ada penyakit Raynaud yang membuat pembuluh darah menyempit dengan ekstrim sehingga sirkulasi darah terganggu dan kita pun akan lebih mudah merasa dingin pada beberapa bagian tubuh. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita memeriksakan kondisi tubuh ke dokter.