Ini Alasan Mengapa Suara Kita Cenderung Lebih Berat Saat Bangun Tidur

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, terkadang suara kita menjadi lebih berat atau bahkan cenderung serak saat baru bangun tidur. Kondisi ini akan bertahan beberapa saat hingga suara akhirnya kembali ke bentuk semula. Apakah ada yang salah dengan hal ini?

doktersehat-pembesaran-tonsil-kelenjar-gondok-amandel-tenggorokan-Hipotiroidisme-Kelenjar-Tiroid-Hipotiroid-Hipertiroid-mual-gangguan-kelenjar-tiroid

Michael Pitman, M.D, yang berasal dari The New York Eye and Ear Infirmary of Mount Sinai, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa saat kita bangun tidur, tubuh akan terasa lebih kaku karena kita tidak banyak melakukan gerakan dalam waktu yang lama. Hal ini ternyata juga akan mempengaruhi pita suara. Saat bangun tidur, pita suara akan membutuhkan pemanasan agar menjadi lebih luwes. Karena kondisinya yang masih kaku inilah maka suara kita akan cenderung lebih berat saat bangun tidur.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, suara kita bisa menjadi lebih berat atau serak karena mengalami penurunan kadar asam dalam tubuh dengan signifikan saat tidur. Padahal, kondisi pita suara juga bisa dipengaruhi oleh kandungan asam dan protein yang diproduksi oleh perut. Jika sampai pita suara mengalami peradangan, maka ada kemungkinan suara juga akan menjadi lebih berat, parau, atau serak.

Selain itu, ada kasus lain yang menyebutkan bahwa suara serak yang muncul saat bangun tidur disebabkan oleh kebiasaan merokok atau mengkonsumsi minuman beralkohol di malam hari sebelum tidur. Yang menjadi masalah adalah, jika sampai suara serak ini terus muncul hingga beberapa pekan, dikhawatirkan ada masalah kesehatan yang cukup serius pada pita suara sehingga harus segera diperiksakan ke dokter THT untuk mengetahui apa penyebabnya.