Ini Alasan Mengapa Suara Bersin Setiap Orang Bisa Berbeda-Beda

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, suara bersin setiap orang berbeda-beda. Ada yang suaranya cenderung pelan dan lembut, ada yang sangat keras hingga membuat orang lain kaget, hingga ada yang cenderung terdengar lucu sehingga bisa membuat orang lain tertawa. Apa yang menyebabkan suara bersin ini bisa berbeda-beda namun untuk suara batuk cenderung sama saja?

doktersehat-alergi-bersin

Laman kesehatan Reader’s Digest menyebutkan bahwa suara bersin seseorang cenderung akan sama dari kecil hingga dewasa. Hanya saja, menurut dr. Alan Hirsch yang berasal dari Smell and Taste Treatment and Resarch Foundation, setiap orang memiliki suara bersin yang berbeda-beda karena bergantung pada kondisi udara yang ada pada saluran pernafasan, yakni hidung, mulut, dan paru-paru. Jika kapasitas paru-paru seseorang besar, maka udara yang keluar saat bersin juga lebih banyak dan membuat suara bersinnya juga lebih keras.

Tak hanya karena kapasitas paru-paru, dr. Hirsch menyebutkan bahwa kerasnya suara bersin juga dipengaruhi oleh psikologi seseorang. Mereka yang terbuka dan cenderung mudah bergaul akan memiliki suara bersin yang keras dan meledak-ledak. Sementara itu, mereka yang cenderung pemalu cenderung lebih suka untuk menahan diri saat bersin sehingga suaranya juga tidak terlalu keras.

Jadi, seperti apakah suara bersin anda?