Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Tetap Memakai Kaus Kaki Saat Mengenakan Sepatu

DokterSehat.Com– Tahukah kamu jika cukup banyak orang yang sengaja tidak memakai kaus kaki saat mengenakan sepatu karena menganggap jika hal ini terlalu merepotkan untuk dilakukan dan bisa membuat kaki menjadi lebih lembab? Memang, cukup banyak sepatu yang didesain cukup nyaman untuk dipakai meskipun kita tidak menggunakan kaus kaki. Namun, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tetap memakai kaus kaki saat mengenakan sepatu karena lebih baik bagi kesehatan kaki.



Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa kaki kita ternyata memproduksi setidaknya setengah liter air dalam sehari. Jumlah ini tentu sangat banyak, bukan? Jika kaki kita langsung bersinggungan dengan sepatu dan memproduksi keringat dengan jumlah sebanyak ini, maka sepatu dan kaki akan mengalami peningkatan kelembaban. Bakteri pun akan menjadi semakin banyak dan akhirnya memicu masalah bau kaki yang menyengat. Demi menurunkan resiko munculnya bau kaki ini, ada baiknya kita memakai kaus kaki.

Tak hanya bisa menyebabkan bau kaki, memakai sepatu tanpa mengenakan kaus kaki juga akan meningkatkan resiko terkena masalah kaki lecet. Jika sepatu ternyata kurang nyaman untuk dipakai, maka kulit kaki pun akan lecet-lecet dan melepuh. Padahal, kulit yang lecet ini bisa menjadi jalan bagi bakteri memasuki tubuh dan akhirnya memicu datangnya penyakit.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tetap memakai kaus kaki saat mengenakan sepatu. Tak hanya itu, pastikan untuk memilih sepatu yang nyaman untuk digunakan sehingga tidak akan menyebabkan masalah otot atau postur tubuh saat memakainya.