Ini Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Mematikan Ponsel di Malam Hari

DokterSehat.Com– Ponsel telah menjadi benda yang sangat sulit untuk dilepaskan dari tangan kita. Banyak orang yang bahkan sampai menempatkan ponselnya di atas kasur atau di bawah bantal saat tidur malam. Padahal, kebiasaan ini bisa memicu berbagai masalah kesehatan. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mematikan ponsel di malam hari, khususnya sebelum kita tidur malam agar tidak terkena dampak kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

Blue light
Pakar kesehatan Russell Johnson, Ph.D yang berasal dari Michigan State University menyebutkan bahwa ponsel memang akan memungkinkan kita mendapatkan berbagai informasi terkini dengan cepat. Sayangnya, hal ini akan membuat kita kecanduan dan terus mengeceknya meskipun kita seharusnya berada dalam kondisi beristirahat. Agar mata dan pikiran kita bisa benar-benar beristirahat, ada baiknya memang kita mematikan ponsel sebelum waktu tidur kita.

Jika kita tetap menyalakan ponsel sebelum waktu tidur dan bahkan memainkannya saat kita sudah merebahkan badan di kasur, maka kita akan terpapar blue light atau cahaya biru yang berasal dari layar ponsel. Blue light inilah yang akan membuat produksi hormon melatonin di dalam tubuh terganggu. Padahal, hormon inilah yang akan membuat kita mengantuk dan bisa segera beristirahat. Dengan terpapar blue light dari ponsel, maka kita tidak akan kunjung mengantuk, terus memainkan ponsel, dan akhirnya mengalami gangguan tidur atau kurang tidur.

Paparan radiasi
Meski bentuknya kecil, paparan radiasi dari ponsel cukup besar dan bisa memicu perkembangan penyakit tumor atau kanker jika kerap ditempatkan dekat dengan tubuh kita saat tidur. Bahkan, radiasi dari ponsel ini bisa memicu masalah kesehatan dan perkembangan otak bagi bayi atau anak-anak.

Melihat adanya fakta ini, masih yakin tidak mau mematikan ponsel sebelum tidur?