Ini Alasan Mengapa Sayuran Tidak Perlu Dijus

DokterSehat.Com– Banyak orang yang sengaja membuat sayuran menjadi jus karena berpikir jika dengan kerap meminum jus tersebut, mereka akan lebih baik dalam membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun di dalam tubuh. Tak hanya itu, jus sayur juga diyakini mampu menjaga kesehatan saluran pencernaan. Namun, menurut pakar kesehatan, hal tersebut ternyata tidak ada gunanya.

doktersehat-sayur-sehat-jus

Ahli nutrisi bernama Brigitte Zeitlin menyebutkan bahwa andai kita mengolah sayuran menjadi jus, kita justru hanya mengubahnya menjadi gula. Menurut beliau, meminum jus sayur ternyata bisa memberikan efek yang berbeda jika dibandingkan dengan mengunyah sayuran. Jika kita mengubah sayuran menjadi jus, cukup banyak nutrisi dari sayuran tersebut yang hilang dan setelah meminumnya, kita akan cenderung lebih cepat merasa lapar jika dibandingkan dengan sayuran yang biasa.

Mitos bahwa jus sayur yang bisa membantu proses detoksifikasi tubuh ternyata tidak benar adanya. Menurut Brigitte, tubuh kita sudah secara alami memiliki proses detoksifikasi sehingga secara otomatis mampu membersihkan tubuhnya dari berbagai racun dan kotoran tanpa perlu dibantu oleh jus sayur tersebut. Selama usus, hati, dan juga ginjal kita masih berfungsi dengan baik, maka proses detoksifikasi ini akan berjalan dengan lancar. Selain itu, belum ada penelitian yang benar-benar membuktikan bahwa jus sayur mampu membantu kinerja organ menjadi lebih baik.

Jika kita mengubah sayur menjadi jus, maka kitapun akan menghilangkan kadar serat dari dalam jus. Padahal, serat inilah yang cukup penting bagi kesehatan pencernaan kita. Tanpa adanya serat, kita tidak akan mudah kenyang dan kesulitan untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Alhasil, kita tidak mampu menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya layaknya kanker atau diabetes.

Baca Juga:  Benarkah Mitos Menonton Televisi Terlalu Dekat Bisa Membuat Mata Rusak?

Tak hanya kandungan serat yang hilang, mengolah sayuran menjadi jus juga akan membuat kita kehilangan asupan vitamin dan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengubah sayuran menjadi jus.