Ini Alasan Mengapa Saat Sakit atau Tidak Enak Badan Kerap Mengalami Mimpi Buruk

DokterSehat.Com– Jika kita cermati, saat kita sedang jatuh sakit atau tidak enak badan, mimpi yang muncul pada tidur kita juga cenderung aneh-aneh atau bahkan sangat buruk. Sebenarnya, apa penyebab dari hal ini?

doktersehat-REM-tidur

Pakar psikologi tidur bernama Dr. Michael Breus menyebutkan bahwa salah satu penyebab mimpi adalah interpretasi otak pada berbagai kenangan yang kemudian dipindahkan dari memori jangka pendek menuju memori jangka panjang saat kita memasuki fase tidur bernama Rapid Eye Movement (REM). Dalam fase pemindahan ini, otak juga akan mengaitkan satu kenangan dengan kenangan yang lain sehingga bisa menyebabkan kita bermimpi.

Yang menarik adalah, kondisi kesehatan fisik dan mental kita sangat berpengaruh pada seperti apa mimpi yang kita alami di malam hari. Hal ini ternyata disebabkan oleh semua bagian tubuh yang saling berkaitan dan mempengaruhi, termasuk pada otak yang memiliki peran besar pada mimpi kita. Dr. Breus bahkan mengklaim bahwa kesehatan fisik kita bisa mempengaruhi 25 hingga 30 persen mimpi kita.

Sebagai contoh, saat fase REM atau kondisi dimana kita sering mengalami mimpi, suhu tubuh cenderung akan menurun. Namun, karena kita mengalami demam, maka tubuh akan kesulitan mengatur suhunya dan akhirnya mempengaruhi mimpi kita. Yang menarik adalah, jika kita mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh, maka mimpi kita juga seringkali berkaitan dengan beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari rasa nyeri pada bagian tubuh tersebut. Hal ini kerap terjadi pada penderita sleep apnea yang ternyata kerap bermimpi tenggelam atau kehabisan nafas.

Tak hanya kondisi kesehatan fisik dan mental, konsumsi obat-obatan dan perubahan hormon juga bisa mempengaruhi mimpi kita. Karena alasan inilah banyak ibu hamil mimpi yang aneh-aneh.

Baca Juga:  Jangan Tidur Berlebihan Jika Tidak Ingin Mimpi Buruk

Melihat adanya fakta ini, jika kita mengalami masalah mimpi yang sangat aneh atau sulit tidur, jangan ragu untuk berkonsultasi pada dokter karena hal ini bisa jadi justru menandakan adanya kondisi kesehatan fisik atau mental kita secara umum.