Ini Alasan Mengapa Saat PMS Nafsu Makan Wanita Cenderung Meningkat

DokterSehat.Com– Fase pra-menstruasi yang kerap disebut sebagai fase PMS adalah fase yang sangat unik bagi kaum hawa. Tak hanya membuat mereka lebih sensitif, mudah marah, dan merasakan nyeri pada perutnya, mereka juga cenderung mengalami peningkatan nafsu makan dengan signifikan. Sebenarnya, apa sih penyebab meningkatnya nafsu makan saat PMS ini?

doktersehat-lapar-tengah-malam

Pakar kesehatan menyebut tingginya nafsu makan wanita saat PMS sebagai hal yang wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh perubahan fisiologis pada tubuh yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal, khususnya berupa hormon peptida opioid endogen (EOP) yang semakin aktif. Tak disangka, aktifnya hormon ini ternyata juga berpengaruh pada meningkatnya hasrat untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Dalam sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam laman boldsky.com, disebutkan bahwa saat PMS, wanita akan mengalami kondisi yang mirip layaknya ngidam saat hamil. Biasanya, makanan yang sangat diidamkan adalah makanan manis seperti cokelat. Hal ini terjadi karena saat PMS tubuh akan sangat membutuhkan asupan magnesium dengan kadar yang tinggi. Beruntung, kakao adalah salah satu sumber dari magnesium tersebut.

Pakar kesehatan merekomendasikan kaum hawa untuk mengkonsumsi cokelat berjenis dark yang memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi sekaligus rendah gula. Tak hanya memuaskan untuk dikonsumsi, kandungan di dalam dark chocolate ini juga akan membuat tubuh wanita saat PMS akan terasa lebih baik.