Ini Alasan Mengapa Saat Haid Kita Mengalami Masalah Bau Mulut

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali hal yang terjadi pada tubuh wanita yang sedang haid. Tak hanya mengeluarkan darah kotor, banyak wanita yang mengalami gejala seperti kram perut, payudara yang terasa sakit, badan pegal-pegal, hingga suasana hati yang berantakan. Namun, ternyata ada juga wanita yang mengalami masalah bau mulut. Sebenarnya, apakah ada kaitan antara menstruasi dengan masalah bau mulut?

doktersehat-mulut-bau

Tak hanya bau mulut, sebagian wanita mengalami gusi membengkak atau bahkan berdarah saat haid. Hal ini ternyata disebabkan oleh menurunnya produksi air liur di dalam mulut saat fase menstruasi. Tanpa adanya air liur yang cukup, maka kondisi mulut akan menjadi lebih kering dan bakteri akan berkembang dengan pesat dan akhirnya memicu bau mulut. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa memperbanyak minum air putih atau memakai produk penyegar mulut.

Selain karena menurunnya kadar air liur, meningkatnya kadar hormon estrogen juga mempengaruhi kondisi mulut dan gusi saat haid. Hal ini bisa memicu inflamasi atau pembengkakan pada gusi. Karena alasan inilah ada baiknya kita lebih berhati-hati dalam membersihkan gigi dan gusi karena di saat inilah bagian mulut tersebut cenderung lebih sensitif dan bisa saja menyebabkan masalah gusi berdarah.

Jika kita sampai membuat gusi terluka, kita bisa memicu datangnya masalah canker sore atau aphtous ulcers, kondisi dimana muncul sariawan dalam jumlah yang cukup banyak. Yang menjadi masalah adalah, kondisi ini bisa saja berlangsung hingga 2 minggu atau lebih. Hal ini tentu akan sangat menyakitkan, bukan?

Melihat adanya fakta ini, jagalah kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut dengan lebih baik saat haid. Namun, hati-hatilah saat melakukannya agar tidak sampai memicu masalah gusi berdarah.