Ini Alasan Mengapa Saat Demam Kita Banyak Berkeringat

DokterSehat.Com– Jika kita mencermati, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat justru saat kita sedang demam. Sebenarnya, apa sih penyebab dari munculnya keringat saat demam ini?

doktersehat-wanita-flu-demam-sakit-flu-babi-swine-influenza

Pakar kesehatan di bidang pengobatan tradisional Tiongkok bernama Christian Nix menyebutkan bahwa berkeringat adalah salah satu cara yang dilakukan tubuh agar mengaktifkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai patogen penyebab penyakit. Hal ini berarti, berkeringat bisa membantu tubuh menyembuhkan diri-sendiri.

Hal yang sama sebenarnya terjadi saat kita sedang berolahraga atau sedang berada di tempat dengan suhu udara yang panas. Tak hanya membakar kalori lebih banyak dan menjaga berat badan, banyak berkeringat juga akan merangsang sistem imun tubuh. Sebagai contoh, sebuah penelitian yang dilakukan di University of Michigan, Amerika Serikat, berhasil membuktikan bahwa mereka yang kerap berolahraga hingga mengeluarkan banyak keringat cenderung lebih rendah beresiko terkena asma.

Dalam penelitian lainnya, disebutkan bahwa dengan berkeringat, maka tubuh bisa mengeluarkan banyak komponen seperti logam beracun. Hal ini berarti, berkeringat bisa dianggap sebagai cara tubuh untuk melakukan detoksifikasi atau pembuangan racun secara alami.

Pakar kesehatan Kara Rogers menyebutkan bahwa racun yang dibuang oleh keringat biasanya adalah yang tersimpan jauh di bawah kulit. Racun-racun ini keluar bersamaan dengan berbagai debu, kotoran, dan minyak alami yang terperangkap pada pori-pori. Proses ini akan membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit, termasuk flu atau demam.

Jadi, sudah tahu kan manfaat munculnya banyak keringat saat kita demam?