Ini Alasan Mengapa Penderita Diabetes Sangat Mudah Kelelahan

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

DokterSehat.Com– Penderita diabetes biasanya cenderung mudah mengalami rasa lelah padahal mereka sama sekali tidak melakukan kegiatan yang menguras tenaga. Apa penyebab dari mudahnya rasa lelah ini muncul?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa gula darah yang tidak lagi bisa dikendalikan menjadi pemicu utama mengapa rasa lelah ini bisa muncul pada penderita diabetes. Selain itu, penyebab lain seperti stress, anemia, dan terjadinya peradangan pada tubuh juga bisa menjadi pemicunya.

Kelelahan yang kita alami ternyata memiliki kaitan erat dengan produksi hormon insulin dan sistem glukosa di dalam tubuh. Sebagai informasi, glukosa adalah sumber energi utama yang akan kita gunakan untuk melakukan berbagai aktifitas harian. Semua otot yang ada pada tubuh kita membutuhkan glukosa ini agar bisa melakukan gerakan-gerakan seperti berjalan, memegang benda, makan, dan seluruh aktifitas yang kita lakukan setiap hari.

Saat kita makan, maka nutrisi dari makanan ini akan dicerna oleh tubuh. Kemudian, kandungan glukosa akan diserap lambung dan dialirkan ke sel-sel otot melalui aliran darah. Di saat yang sama, hormon insulin juga dilepas tubuh untuk mendukung proses pengubahan glukosa menjadi sumber energi bagi sel-sel otot. Di dalam tubuh penderita diabetes, produksi insulin seringkali tidak cukup sehingga glukosa tidak bisa benar-benar dimaksimalkan oleh otot sehingga membuatnya hanya menumpuk di darah. Hal ini membuat otot kekurangan energi sehingga tubuh pun kekurangan energi dan mudah lelah.

Bagi penderita diabetes, ada baiknya mereka rajin melakukan olahraga, menjaga asupan nutrisi makanan yang sehat dan bergizi seimbang, dan menjaga stress dengan lebih baik demi mencegah datangnya sensasi lelah berlebihan ini. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University of Georgia, disebutkan bahwa penderita diabetes yang rajin berolahraga akan menurunkan kelelahan hingga 65 persen. Tak harus melakukan olahraga yang sulit, berjalan kaki, peregangan badan di bawah sinar matahari pagi, atau melakukan yoga sudah bisa membuat penderita diabetes menjadi lebih bugar.