Ini Alasan Mengapa Payudara Terasa Nyeri Saat Berlari

DokterSehat.Com – Olahraga adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan jika kita ingin menjaga tubuh tetap sehat. Hanya saja, bagi kaum hawa, aktifitas fisik ini bisa membuat mereka mengalami kesulitan. Jika mereka memilih olahraga yang cukup aktif seperti berlari, maka hampir semua bagian tubuh akan bergerak, termasuk payudaranya. Hal ini akan membuat payudara terasa sakit sehingga membuat olahraga kurang nyaman dan kurang maksimal untuk dilakukan. Gara-gara rasa sakit pada payudara ini, sekitar 25 persen wanita yang aktif berolahraga memilih untuk melakukan olahraga yang lebih ringan. Bahkan, cukup banyak wanita yang memilih untuk tidak lagi berolahraga.

doktersehat-olahraga-sesak-nafas

Meskipun memiliki banyak manfaat, dalam realitanya payudara pada wanita tidak benar-benar memiliki penyangga yang baik. Di dalam payudara, kita bisa menemukan jaringan lemak dan jaringan susu yang hanya ditopang oleh ligamen serta kulit. Yang menjadi masalah adalah, payudara dengan ukuran yang besar bisa sangat berat sehingga penyangga ini kurang sempurna menopangnya.

Karena penyangga payudara hanya ligamen dan kulit, maka saat wanita berlari, payudaranya akan bergerak. Dalam sebuah penelitian, payudara bahkan bisa bergerak membentuk angka 8, naik-turun, atau bahkan ke kanan dan ke kiri saat wanita berlari. Dalam beberapa kasus, payudara bisa bergerak hingga sejauh 10 cm dan akhirnya memicu tarikan pada jaringan penyangga payudara dan akhirnya memicu rasa nyeri.

Semakin besar ukuran payudara, semakin besar pula kemungkinan munculnya rasa nyeri saat berlari. Karena alasan inilah kebanyakan wanita dengan payudara berukuran besar yang lebih sering mengeluhkan munculnya rasa nyeri ini.

Pakar kesehatan menyarankan kaum hawa dengan ukuran payudara besar menggunakan sports bra saat berolahraga demi mencegah munculnya rasa nyeri ini. Bra khusus ini mampu menopang payudara dengan baik sehingga bisa meredam guncangan saat berolahraga dengan lebih baik. Hal ini tentu akan menurunkan rasa nyeri saat berolahraga sehingga wanita pun bisa berolahraga dengan lebih nyaman dan maksimal.