Ini Alasan Mengapa Pantat Kita Kerap Terasa Gatal

DokterSehat.Com – Pantat adalah salah satu bagian tubuh yang hampir selalu tertutup oleh celana sepanjang waktu. Meskipun jarang tersentuh oleh banyak benda, dalam realitanya pantat bisa kerap terasa gatal sehingga kita pun merasa tidak nyaman, apalagi saat harus bersama dengan banyak orang. Sebenarnya, apa penyebab dari pantat yang kerap terasa gatal?

doktersehat-pantat-kentut

Kita kurang menjaga kebersihan
Dibalik fungsinya sebagai penyangga tubuh saat duduk, dalam realitanya pantat adalah bagian tubuh yang terdekat dengan anus, tempat dimana kotoran kita keluarkan. Andai kita tidak menjaga kebersihan pantat dengan baik, maka dikhawatirkan pantat bisa dipenuhi oleh berbagai bakteri dan kuman yang berasal dari kotoran tersebut. Jika bakteri dan kuman ini tercampur dengan keringat atau debu, maka pantat pun akan mudah terasa gatal.

Terkena penyakit kulit
Pantat ternyata bisa terkena penyakit kulit seborrheic dermatitis. Penyakit ini bisa membuat kulit pantat bersisik dan mudah terasa gatal. Tak hanya itu, pantat juga bisa terkena infeksi jamur yang membuatnya kerap terasa gatal.

Terkena masalah kulit kering
Andai cuaca sedang cukup panas, maka pantat bisa mengalami kulit kering dan pada akhirnya memicu rasa gatal-gatal.

Terkena penyakit menular seksual
Beberapa jenis penyakit menular seksual layaknya herpes, sifilis, atau bahkan gonorea ternyata bisa membuat pantat dan sekitar anus menjadi gatal-gatal.

Terkena parasit
Anak-anak yang kerap bermain di berbagai tempat secara sembarangan ternyata beresiko tinggi terkena parasit berupa cacing pada pantatnya. Parasit ini bisa bergerak dan bertelur di area anus sehingga memicu gatal-gatal.

Diare
Tanpa diduga, penyakit diare ternyata bisa memicu munculnya rasa gatal-gatal pada pantat. Hal ini terjadi karena kita kerap membersihkan pantat saat berulang kali buang air. Kelembaban kulit pantat yang berlebihan bisa memicu iritasi dan gatal-gatal.

Baca Juga:  Pantat Sering Terasa Gatal? Bisa Jadi Karena Hal Ini

Wasir
Wasir ternyata juga bisa memicu rasa gatal-gatal yang tak tertahankan. Jika kita kerap merasakan gatal-gatal pada pantat ini, ada baiknya memang kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mendapatkan penanganan kesehatan yang tepat.