Ini Alasan Mengapa Orang Indonesia Lebih Suka Minum Obat Herbal Saat Masuk Angin

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda lakukan pertama kali saat tubuh mengalami masuk angin? Kebanyakan orang akan segera mencari obat herbal untuk meredakannya. Jika masuk angin ini tidak segera sembuh dan badan semakin tidak nyaman, kita juga akan cenderung memilih untuk melakukan kerokan daripada pergi ke dokter. Sebenarnya, apa sih alasan masyarakat Indonesia lebih memilih untuk menggunakan obat herbal saat terkena masuk angin?

doktersehat-herbal-rempah-cabe

Pakar kesehatan Prof. dr. Edi Dharmana, M.Sc, Ph.D, Sp. Park, seorang pakar kesehatan yang meneliti herbal dan merupakan guru besar Universitas Diponegoro menyebutkan bahwa obat herbal yang ada di Indonesia sudah melalui sejarah panjang dan dikenal sejak jaman dahulu. Khasiatnya yang sudah dipercaya oleh masyarakat secara turun-temurun membuatnya masih dipercaya mampu menyembuhkan penyakit dengan cepat, khususnya masuk angin yang memang kerap menyerang masyarakat.

Selain alasan tersebut, tanaman herbal juga cenderung mudah ditemukan di berbagai tempat di tanah air. Cukup banyak orang yang sengaja menanam tanaman-tanaman herbal ini di pekarangan rumahnya dengan tujuan bisa segera menggunakannya saat ada yang jatuh sakit. Tak hanya masuk angin, beberapa penyakit yang diatasi dengan obat herbal adalah mimisan, gondongan, batuk, dan masalah kesehatan lainnya.

Tahukah anda jika ternyata sekitar 25 hingga 50 persen obat-obatan medis yang beredar di pasaran sebenarnya juga terbuat dari tanaman-tanaman herbal? Memang, obat-obatan tersebut tidak bisa disebut sebagai obat herbal mengingat kandungannya telah diekstraksi dan kemudian dijadikan zat aktif yang dijadikan obat kimia yang kerap kita konsumsi.

Soal khasiat, obat herbal memang bisa memberikan dampak positif dalam menyembuhkan penyakit, termasuk masuk angin. Bahkan, ada yang menyebut obat herbal ini minim efek samping sehingga dianggap lebih aman untuk dikonsumsi. Karena alasan inilah masih banyak orang yang percaya dengan obat herbal.