Ini Alasan Mengapa Orang Indonesia Belum Kenyang Kalau Belum Makan Nasi

DokterSehat.Com – Meskipun sudah makan roti atau bahkan mie yang seharusnya mengenyangkan, cukup banyak masyarakat tanah air yang menganggap mereka belum makan karena belum benar-benar makan nasi. Bahkan, mereka mengaku jika tanpa nasi mereka akan belum bisa merasa kenyang. Apa sih penyebab dari hal ini?

doktersehat-nasi-putih

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tidak adanya rasa kenyang jika belum makan nasi meskipun sebenarnya kita sudah makan makanan lainnya adalah tanda bahwa kita sudah ketergantungan pada nasi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Boston Children’s Hospital yang ada di Amerika Serikat pada tahun 2013 lalu menunjukkan fakta dimana makanan yang memiliki indeks glikemik yang tinggi seperti nasi memang bisa menyebabkan kecanduan. Sebenarnya, tidak hanya nasi, makanan lain seperti kentang, roti putih, hingga gula konsentrat juga bisa menyebabkan efek kecanduan yang sama. Hanya saja, karena nasi telah menjadi makanan pokok sehari-hari kita sejak kecil, maka kita pun akan lebih merasakan efek kecanduan nasi ini.

Christine Gerbstadt, pakar kesehatan diet dari American Dietetic Association menyebutkan bahwa karbohidrat yang kaya gula mampu membuat tubuh kita menjadi ketagihan. Karena alasan inilah semenjak kita kecil, kita cenderung akan langsung suka dengan sensasi rasa manis dibandingkan dengan makanan dengan rasa lainnya.

Karbohidrat yang memiliki rasa manis seperti pada nasi ternyata bisa merangsang tubuh untuk melepas hormon serotonin yang mampu membuat suasana hati membaik sekaligus menurunkan rasa sedih dan depresi. Hal ini berarti, mengkonsumsi makanan kaya karbohidrat seperti nasi juga akan membuat kita berbahagia.

Meskipun terlihat baik bagi kesehatan, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat jelas tidak baik bagi tubuh khususnya dalam hal meningkatkan resiko terkena obesitas atau diabetes. Memang, akan sangat sulit untuk menurunkan kecanduan nasi ini, namun, jika kita mampu menjaga asupan gizi dengan seimbang setiap hari, maka tentu tidak akan masalah jika mengkonsumsi nasi setiap hari.