Ini Alasan Mengapa Olahraga Penting Bagi Ibu Hamil

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir bahwa ibu hamil tidak boleh kelelahan sehingga sebaiknya tidak perlu melakukan olahraga. Jika mereka melakukan latihan fisik, dikhawatirkan ibu hamil akan kelelahan dan akhirnya membahayakan kesehatannya atau bahkan kesehatan janin di dalam kandungan. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada baiknya ibu hamil tetap berolahraga meskipun memang sebaiknya melakukan olahraga dengan intensitas ringan saja. Sebenarnya, apa sajakah manfaat olahraga bagi ibu hamil?

doktersehat-senam-ibu-hamil-yoga-mencegah-wasir

Membuat mental dan fisik ibu hamil semakin kuat
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa secara fisik dan mental ibu hamil akan cenderung lebih siap dalam melakukan proses persalinan yang berat jika rutin berolahraga. Tubuh yang lebih bugar dan sehat membuat ibu akan lebih kuat dan percaya diri dalam menghadapi proses persalinan yang bisa saja berlangsung cukup lama dan sangat melelahkan.

Mendukung perkembangan otak janin di dalam kandungan
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Montreal University di Kanada pada tahun 2013 lalu menunjukkan fakta bahwa ibu hamil yang rutin berolahraga setidaknya selama 20 menit 3 kali dalam sepekan ternyata akan membuat janin di dalam kandungannya mengalami perkembangan otak yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.

Mengatasi masalah sakit punggung
Salah satu masalah kesehatan yang kerap melanda ibu hamil adalah sakit punggung. Hal ini disebabkan oleh beban dan bentuk tubuh ibu hamil yang mengalami perubahan dengan signifikan. Beruntung, rutin berolahraga bisa mengatasi masalah sakit punggung tersebut.

Meningkatan kualitas tidur ibu hamil
Sebagian ibu hamil mengalami masalah susah tidur dan jika hal ini dibiarkan, tentu akan kurang baik bagi kesehatannya dan janinnya. Dengan rutin berolahraga, maka ibu pun bisa kembali mendapatkan tidur yang nyenyak di malam hari.

Baca Juga:  Morning Sickness Ternyata Bisa Menandakan Jenis Kelamin Bayi

Mengembalikan keseimbangan hormon
Saat hamil, ibu bisa mengalami ketidakstabilan hormon yang bisa membuat emosi dan badannya terasa tidak karuan. Dengan berolahraga, maka keseimbangan hormon bisa dikembalikan sehingga mereka pun akan merasa jauh lebih baik.