Ini Alasan Mengapa Obat Nyamuk Semprot Berbahaya Bagi Bayi

DokterSehat.Com – Nyamuk adalah salah satu serangga yang cukup banyak ditemukan di rumah-rumah. Mengingat nyamuk bisa membawa berbagai macam penyakit berbahaya, banyak orang yang menggunakan obat nyamuk demi membunuh atau mengusir serangga tersebut. Dari sekian banyak jenis obat nyamuk yang digunakan oleh masyarakat tanah air, obat nyamuk semprot memiliki banyak penggemarnya tersendiri karena dianggap cukup ampuh dalam membunuh nyamuk dan berbagai serangga lainnya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kita tidak boleh sembarangan menggunakan obat nyamuk semprot ini, apalagi jika kita memiliki bayi di dalam rumah.

doktersehat-obat-semprot-nyamuk

Meskipun kita menyemprotkan obat nyamuk saat bayi tidak ada dalam ruangan, dalam realitanya bahan kimia dari obat nyamuk ini bisa tertinggal di berbagai benda layaknya sprei, sarung bantal, selimut, karpet, dan benda lainnya. Hal ini tentu akan membuat bahan kimia obat nyamuk bisa terhirup oleh bayi. Yang menjadi masalah adalah, mengingat bayi masih dalam tahap pertumbuhan, maka organ ginjal dan hatinya masih belum sempurna dalam mengeluarkan racun dari bahan kimia obat nyamuk dan akhirnya menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Selain itu, kecenderungan frekuensi pernafasan bayi yang lebih banyak dari orang dewasa jelas akan membuat mereka lebih banyak menghirup bahan kimia obat nyamuk.

Dalam sebuah penelitian kesehatan yang dilakukan pada anak-anak dari suku Yaqui Indian yang ada di Meksiko, ditemukan fakta mengerikan dimana paparan obat nyamuk semprot pada saat masa pertumbuhan bisa merusak susunan fungsi otak sekaligus sistem saraf anak-anak tersebut. Hal ini ternyata bisa berdampak buruk pada perilaku sosial dan kemampuan menggambar anak. Berbagai penelitian lain juga menyebutkan bahwa paparan obat nyamuk semprot pada ibu hamil atau pada anak juga bisa memicu masalah ADHD pada anak.

Baca Juga:  Mengapa Terkadang Kita Merasa Pusing Saat Berolahraga?

Melihat adanya fakta mengerikan ini, pakar kesehatan lebih menyarankan penggunaan kelambu pada bayi alih-alih menggunakan obat nyamuk semprot yang berbahaya.