Ini Alasan Mengapa Nyamuk Suka Menggigit Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Jika kita mencermati, nyamuk cenderung suka menggigit ibu hamil. Jika ibu hamil berkumpul dengan teman-teman atau anggota keluarga lain, bisa jadi Ia kerap digigiti nyamuk meskipun orang lain sama sekali tidak terganggu dengan keberadaan serangga tersebut. Mengingat nyamuk bisa membawa berbagai macam penyakit, ibu hamil tentu harus mewaspadai hal ini.

doktersehat-kehamilan-hamil-Infeksi-Cytomegalovirus

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2000 silam, diketahui bahwa ibu hamil memang memiliki resiko lebih besar, tepatnya 2 kali lipat, untuk digigit oleh beberapa jenis nyamuk tertentu. Menurut pakar kesehatan, hal ini disebabkan oleh kecenderungan ibu hamil untuk mengambil nafas lebih banyak jika dibandingkan dengan wanita yang tidak hamil. Alhasil, ibu hamil juga memproduksi lebih banyak karbondioksida. Karbondioksida inilah yang akhirnya menarik perhatian nyamuk.

Selain faktor tersebut, perut ibu hamil yang berisi janin ternyata juga memiliki suhu lebih hangat jika dibandingkan dengan suhu tubuh orang biasanya, yakni sekitar 0,7 derajat Celcius lebih hangat. Hangatnya suhu perut ibu hamil ini ternyata berimbas pada peningkatan pelepasan senyawa asam laktat yang juga bisa menarik perhatian nyamuk.

Beberapa saat lalu, kita tentu ingat kasus virus zika yang menghebohkan dunia karena menyerang begitu banyak ibu hamil dan menyebabkan kecacatan pada janin di dalam kandungan. Tak hanya zika, adanya kecenderungan ibu hamil lebih menarik perhatian pada nyamuk juga menyebabkan mereka lebih beresiko terkena penyakit layaknya demam berdarah dan lain sebagainya.

Melihat adanya fakta ini, pakar kesehatan dr. Ashley Roman menyarankan ibu hamil untuk lebih baik dalam melindungi diri dari nyamuk dengan cara menjaga kebersihan dan kerapian rumah, menghindari genangan air, mengenakan pakaian panjang, atau memakai losion anti nyamuk yang aman untuk digunakan. Jika perlu, kamar tidur juga bisa dipasangi kelambu untuk mencegah datangnya nyamuk.