Ini Alasan Mengapa Minum Air Putih Saat Sahur Itu Sangat Penting

DokterSehat.Com – Air adalah salah satu elemen yang sangat penting bagi tubuh manusia. Tak hanya membuat kita tidak mudah merasa haus atau mencegah dehidrasi, air juga berperan besar dalam menjaga semua fungsi di dalam tubuh kita tetap berjalan dengan semestinya. Mengingat kita sedang berada di dalam bulan puasa dimana di siang hari kita tidak meminum air dalam waktu yang sangat lama, maka ada baiknya kita memahami pentingnya minum air putih di waktu sahur seperti sebagai berikut.

doktersehat-minum-air-botol

Pakar kesehatan menyebutkan jika minum air putih di saat sahur bisa membuat sel-sel tubuh yang paling kecil sekalipun terhidrasi dengan baik. Hal ini ternyata bisa membantu pembentukan otot dan sel darah yang memang seringkali terjadi pada pagi hari. Dengan minum air putih, kita juga akan membantu tubuh membuang berbagai racun dan kotoran dari dalam tubuh melalui air seni dan feses. Tanpa adanya air putih yang cukup, kita akan mudah terkena sembelit. Hal ini berarti, konsumsi air putih saat sahur juga akan membantu membersihkan usus besar sekaligus membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan dengan baik.

Tahukah anda jika setiap harinya tubuh bisa kehilangan sekitar 2 liter air? Tanpa kita sadari, saat kita buang air kecil atau besar, hingga saat berkeringat, kita mengeluarkan air dalam jumlah yang sangat banyak. Jika kita tidak mengganti banyaknya air yang menghilang dari tubuh seperti saat bulan puasa sekarang ini, maka bisa jadi kita akan mengalami dehidrasi dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Melihat begitu pentingnya manfaat air putih bagi tubuh, ada baiknya kita tidak mengganti air putih dengan air lainnya saat melakukan santap sahur. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan air putih agar kita bisa tetap bugar hingga waktu berbuka tiba.