Ini Alasan Mengapa Menstruasi Bisa Menurunkan Kualitas Tidur

DokterSehat.Com – Fase menstruasi memang bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Sebagai contoh, banyak wanita yang menderita karena kram perut yang sangat parah. Tak hanya itu, banyak wanita yang juga mengeluhkan tidur yang semakin tidak nyenyak. Sebenarnya, apakah menstruasi memang bisa menyebabkan gangguan tidur?

doktersehat-obat-tidur-insomnia

Sebuah survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation pada tahun 2007 lalu ternyata menyebutkan jika satu dari tiga wanita yang sedang menstruasi mengalami masalah pada tidurnya. Menurut pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian tersebut, ada beberapa hal yang menyebabkan wanita yang sedang menstruasi bisa mengalami gangguan tidur. Berikut adalah diantaranya.

Kram perut di malam hari
Rasa nyeri yang luar biasa di perut atau bahkan punggung saat menstruasi ternyata juga bisa terjadi saat malam hari atau di waktu tidur. Alhasil, kita bisa merasakan rasa sakit yang luar biasa di perut atau bahkan di sekujur badan, hingga sensasi mual-mual. Jika hal ini terjadi, maka kita tentu akan sulit untuk tidur, bukan? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengompres perut dengan handuk hangat di malam hari untuk mengatasi hal ini.

Stress
Fase menstruasi ternyata bisa menyebabkan wanita terkena stress dan kecemasan berlebihan. Emosi wanita juga akan cenderung lebih fluktuatif pada fase ini sehingga bisa berpengaruh buruk bagi kualitas tidur.

Meningkatnya suhu tubuh
Pakar tidur bernama Maryanne Taylor menyebutkan bahwa fase menstruasi bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga membuat kita merasa tidak nyaman, kepanasan dan gerah. Hal ini tentu akan membuat kita sulit untuk segera terlelap di malam hari. Untuk mengatasi hal ini, Taylor menyarankan kita untuk membuat kamar tidur lebih dingin baik itu dengan cara membuka ventilasi atau menggunakan AC agar kita bisa segera terlelap.

Naik turunnya hormon
Turunnya hormon progesteron dan naiknya hormon estrogen saat fase mensturasi ternyata bisa menyebabkan tubuh terasa tidak nyaman sehingga akhirnya membuat susah tidur.