Ini Alasan Mengapa Menstruasi Bisa Datang Lebih Cepat

DokterSehat.Com – Banyak wanita yang mengeluhkan tidak lancarnya fase menstruasi yang mereka alami karena bisa berpengaruh bagi kondisi kebugarannya. Tak hanya datang terlambat, banyak wanita yang juga mengalami fase menstruasi yang datang jauh lebih cepat. Sebenarnya, apa alasan dari datangnya menstruasi yang lebih dini dari biasanya?

doktersehat-mens-ovulasi

Pakar kesehatan di bidang kandungan dan kebidanan dari Nanavati Super Speciality Hospital di India bernama dr. Maya Lula memiliki jawaban akan pertanyaan ini. Menurut beliau, fase menstruasi wanita yang normal adalah setiap 28 hari meskipun ada wanita yang memiliki siklus lebih cepat atau lebih panjang, yakni diantara 21 hari dan 35 hari. Jika menstruasi datang lebih cepat atau lebih lambat sekitar lima atau tujuh hari dari fase normal, maka kita tentu tidak perlu khawatir akan kondisi kesehatan kita. Hanya saja, jika fase menstruasi datang lebih cepat atau lebih lambat lebih dari rentang waktu toleransi tersebut, maka kita patut untuk mewaspadai adanya masalah kesehatan tertentu dan memeriksakannya ke dokter.

Lantas mengapa fase menstruasi bisa datang jauh lebih cepat dari fase normal? dr. Lula berkata jika ada cukup banyak faktor yang menyebabkan hal ini. Sebagai contoh, andai kita terkena stress karena mengalami masalah yang besar atau bahkan karena tekanan pekerjaan yang berlebihan, maka tubuh akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu menstruasi datang dengan lebih cepat. Tak hanya itu, jika kita sedang mengalami gangguan emosional, maka keseimbangan hormon pada tubuh juga bisa mengalami kekacauan dan akhirnya mempengaruhi datangnya menstruasi.

Dalam beberapa kasus, perubahan siklus menstruasi juga bisa disebabkan oleh hal lain layaknya konsumsi pil KB atau penggunaan alat kontrasepsi darurat. Hanya saja, sebagaimana yang dr. Lula sarankan sebelumnya, fase menstruasi yang datang jauh lebih cepat dari biasanya sebaiknya diperiksakan ke dokter agar bisa diketahui penyebab pastinya sehingga bisa segera diatasi.