Ini Alasan Mengapa Menguap Bisa Menular

DokterSehat.Com– Menguap adalah sebuah hal yang wajar terjadi pada tubuh manusia. Kondisi ini disebabkan oleh menurunnya asupan oksigen yang ada dalam darah. Dengan menguap, maka tubuh akan mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup banyak. Hanya saja, seringkali menguap ini terjadi saat tubuh sedang dalam kondisi mengantuk atau saat tubuh dalam kondisi kelelahan.



Yang menarik dari kondisi menguap adalah kemampuannya untuk bisa menular pada orang lain meskipun bukan termasuk dalam salah satu jenis penyakit. Sebuah penelitian pun dilakukan di Nottingham University di Inggris untuk mengetahui bagaimana cara mengantuk bisa menular. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa bagian pengendali fungsi motorik pada otak mengalami respons tertentu yang membuat kita ingin menguap andai melihat orang lain menguap. Dalam kondisi ini, korteks motor utama memiliki peran yang membuat tubuh berada dalam kondisi yang mirip seperti sedang terkena sindrom Tourette.

Para peneliti sendiri menyebut kondisi menguap dan menular ini sebagai kondisi yang setara layaknya echophenomena, kondisi dimana seseorang secara otomatis meniru kata-kata atau perilaku orang lain. Dari 36 partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini, semuanya dimonitor kondisi otaknya saat harus melihat satu sama lain menguap. Para peneliti pun kemudian melihat perubahan pada otak para partisipan dan terbukti bahwa melihat orang menguap memang bisa memberikan dorongan untuk melakukan hal yang serupa melalui rangsangan pada respons korteks motor utama manusia.

Dalam penelitian ini, diketahui pula bahwa setiap orang akan kesulitan untuk menahan keinginan untuk menguap begitu melihat orang lain menguap. Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak perlu menahannya karena menguap juga akan membuat kita kembali mendapatkan oksigen yang cukup dalam darah.