Ini Alasan Mengapa Mata Kita Sembab Saat Bangun Tidur

DokterSehat.Com – Terkadang, kita terbangun dengan mata sembab dan bengkak tanpa kita ketahui sebabnya. Memang, terkadang hal ini disebabkan karena saat malam sebelum kita tidur kita menangis. Namun, menurut pakar kesehatan, penyebab dari mata sembab ini adalah adanya retensi cairan atau terjadinya edema ringan yang tidak berbahaya bagi kesehatan kita sama sekali. Tak hanya itu, ada beberapa kondisi kesehatan lainnya yang bisa menyebabkan mata sembab saat bangun tidur seperti sebagai berikut.

doktersehat-mata

Terlalu banyak mengkonsumsi garam                           
Pakar kesehatan menyebutkan jika terlalu banyak mengkonsumsi garam bisa menyebabkan edema atau pembengkakan pada beberapa bagian tubuh layaknya mata. Banyaknya asupan garam bisa membuat tubuh kekurangan cairan sehingga tubuh pun akan secara otomatis mengondisikan diri untuk mencegah dehidrasi. Karena alasan inilah mata kita bisa menjadi sembab saat bangun tidur. Untuk mengatasi hal ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih.

Terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat
Tak hanya garam, konsumsi terlalu banyak karbohidrat juga bisa memicu munculnya masa sembab. Sebuah hasil penelitian yang oleh National Institute of Health menyebutkan bahwa terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat bisa memicu sekresi insulin sekaligus retensi sodium yang berlebihan. Padahal, semakin banyak sodium yang tersimpan di dalam tubuh, maka semakin banyak pula penumpukan cairan dan hal ini bisa memicu mata sembab.

Kekurangan protein
Jika kita kekurangan protein dalam darah, maka beberapa bagian tubuh layaknya mata bisa mengalami pembengkakan. Kekurangan protein ni bisa disebabkan oleh malnutrisi, penyakit ginjal, atau rendahnya albumin di dalam darah.

Gangguan fungsi ginjal
Jika munculnya mata sembab ini disertai dengan mual-mual, mudah lesu, pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki, menurunnya nafsu makan, munculnya masalah kulit kering dan gatal-gatal, hingga susah buang air kecil, bisa jadi hal ini disebabkan oleh gangguan pada fungsi ginjal. Ginjal tak mampu lagi menghilangkan kandungan sodium yang berlebihan sehingga memicu edema atau pembengkakan. Jika hal ini terjadi, ada baiknya kita memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.