Ini Alasan Mengapa Masyarakat Indonesia Suka Makan Pedas

DokterSehat.Com– Ada sebuah kebiasaan unik yang dilakukan oleh masyarakat tanah air, yakni hobi mengkonsumsi makanan pedas. Bahkan, banyak orang yang mengaku merasa makanannya kurang mantap jika tidak ada rasa pedas. Sebenarnya, apa penyebab kita bisa sangat suka dengan rasa pedas?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa tak hanya menambahkan bumbu pedas atau sambal, kita bahkan bisa menyantap cabai mentah secara langsung demi memuaskan keinginan mengkonsumsi makanan pedas. Rasa pedas ini didapatkan dari senyawa pada cabai yang disebut sebagai capsaicin. Tak hanya memicu rasa pedas dan mantap, capsaicin ini ternyata mampu meredakan rasa nyeri, memiliki sifat anti peradangan, sekaligus membuat nafsu makan bertambah.

Senyawa capsaicin sendiri ternyata bisa memberikan efek desentisasi, sebuah efek yang cukup unik dimana saat kita baru pertama kali merasakan sensasi pedas dari cabai, maka reseptor TRPV1 pada lidah kita akan memberikan reaksi penuh sehingga akan terasa kepedasan. Namun, jika kita terus-menerus mengkonsumsi cabai ini, reaksi dari reseptor ini cenderung semakin menurun sehingga kita pun seakan-akan merasakan sensasi pedas ini semakin berkurang. Pakar kesehatan pun yakin jika gara-gara kerap mengkonsumsi makanan pedas inilah kita cenderung lebih toleran dengan rasa pedas.

Yang menarik adalah, ada sebagian orang yang mengaku memilih untuk mengkonsumsi makanan pedas karena yakin jika kerap mengkonsumsinya bisa membuat berat badan cepat turun. Menurut pakar kesehatan di bidang pencernaan dr. Ari Fahrial Syam yang berasal dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, mengkonsumsi makanan pedas memang bisa berefek positif bagi kesehatan pencernaan, khususnya dalam hal mengatasi sembelit. Makanan pedas ternyata bisa merangsang gerakan peristaltik pada usus yang bisa membuat buang air besar lancar.

Baca Juga:  Mengapa Ada Orang Yang Tidak Suka Makanan Pedas?

Meskipun bisa membuat sesi makan terasa lebih mantap, ada baiknya kita lebih berhati-hati jika mengkonsumsi makanan pedas jika memiliki riwayat terkena penyakit maag. Jika penyakit ini datang, hindarilah makanan pedas dan asam terlebih dahulu. Namun, jika penyakit ini sudah pulih, ada baiknya kita tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.